Selasa, 5 Rabiul Awwal 1440 / 13 November 2018

Selasa, 5 Rabiul Awwal 1440 / 13 November 2018

Film '3 Hati 2 Dunia 1 Cinta' Terbaik di FFI 2010

Rabu 08 Des 2010 02:36 WIB

Rep: M Akbar/ Red: Endro Yuwanto

Deddy Mizwar

Deddy Mizwar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Film drama komedi '3 Hati 2 Dunia 1 Cinta' terpilih sebagai film terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 2010. Film buatan Mizan Production ini sekaligus juga menyabet tropi Citra terbanyak dengan membawa pulang tujuh tropi.

Sementara film produksi Demi Gisela Citra Sinema, 'Alangkah Lucunya Negeri Ini', harus pulang dengan gigit jari. Dari 13 nominasi, film yang disebut-sebut bakal menjadi pemenang FFI ini hanya membawa pula tiga tropi. Ketiga penghargaan tersebut diberikan untuk kategori skenario cerita asli, tata musik, dan tata suara saja.

Sedangkan film '3 Hati, 2 Dunia 1 Cinta' mengantarkan Benni Setiawan mendapatkan penghargaan sutradara serta penulis skenario adaptasi terbaik. Penghargaan lainnya juga mengantarkan Reza Rahadian dan Laura Basuki meraih penghargaan sebagai pemeran utama pria dan wanita terbaik.

Untuk aktegori pemeran pendukung pria terbaik disabet oleh Rasyid Hakim yang berperan di film '3 Hati 2 Dunia 1 Cinta'. Sedangkan pemeran pendukung wanita terbaik diberikan kepada Happy Salma yang bermain sebagai pelacur di film '7 Hati 7 Cinta 7 Wanita'.

Lalu film tentang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Hongkong berjudul 'Minggu Pagi di Victoria Park' serta film 'I Know What You Did on Facebook' masing-masing hanya meraih satu penghargaan saja.

Deddy Mizwar, produser dari Demi Gisela Citra Sinema yang juga menjadi pengarah Komite Festival Film Indonesia (KFFI), merasa sangat puas dengan hasil yang telah diumumkan ini.

''Alhamdulilah, Allah tidak pernah tidur dan malam ini sudah ditunjukkan buktinya,'' kata Deddy menjawab tudingan miring tentang dirinya yang telah mengatur hasil FFI 2010. ''Apapun keputusan FFI harusnya kita tetap memberikan applaus. Belajarlah untuk saling menghargai, bukan saling menghina.''

Sementara itu Putut Widjanarko selaku produser film '3 Hati 2 Dunia 1 Cinta' langsung sumringah film yang diproduksinya menuai sukses besar di FFI 2010. ''Ini penghargaan kedua kami setelah 'Garuda di Dadaku'. Insya Allah ini, penghargaan yang kami dapatkan malam ini akan terus memberi semangat kepada kami untuk selalu melahirkan karya-karya yang berkualitas dan mendidik,'' ujarnya.

Daftar Peraih Piala Citra FFI 2010

- Film terbaik: 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta

- Penyutradaraan: Benni Setiawan (3 Hati 2 Dunia 1 Cinta)

- Pemeran Utama Wanita: Laura Basuki (3 Hati 2 Dunia 1 Cinta)

- Pemeran Utama Pria: Reza Rahardian  (3 Hati 2 Dunia 1 Cinta)

- Pemeran Pendukung Pria: Rasyid Karim (3 Hati 2 Dunia 1 Cinta)

- Pemeran Pendukung Wanita: Happy Salma (7 Hati 7 Cinta 7 Wanita)

- Skenario Cerita Asli: Musfar Yasin (Alangkah Lucunya Negeri Ini)

- Skenario Cerita Adaptasi: Benni Setiawan (3 Hati 2 Dunia 1 Cinta)

- Tata Sinematografi: Roby Herby (I know What You Did On Facebook)

- Tata Artistik: Oscart Firdaus (3 Hati 2 Dunia 1 Cinta)

- Penyuntingan: Aline Jusria (Minggu Pagi di Victoria Park)

- Tata Suara: Adiatyawan Susanto & Novi Dwi R Nugroho (Alangkah Lucunya Negeri Ini)

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA