Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

10 Bintang Hollywood yang Sangat Peduli Lingkungan (1)

Selasa 23 Apr 2019 06:42 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda

Ben Affleck

Ben Affleck

Foto: Reuters
Sejumlah bintang Hollywood telah menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hollywood telah melahirkan bintang-bintang besar yang juga sangat peduli dengan lingkungan. Sejumlah sutradara dan pemain peran menunjukkan kepeduliannya dengan mengurangi pemakaian bahan yang meninggalkan jejak karbon tinggi hingga mempromosikan kesadaran terhadap lingkungan.

Dalam perayaan Hari Bumi pada 22 April, The Hollywood Reporter menyorot 10 bintang Hollywood yang membuat komitmen sangat signifikan terhadap kepedulian dan pemeliharaan lingkungan. Mereka berupaya hidup lebih sehat dan menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan.

Ada yang menyumbang jutaan dolar ke organisasi nirlaba hingga mendirikan organisasi mereka sendiri. Beberapa bintang kawakan Hollywood ini ingin mendorong seluruh dunia untuk bergabung dengan mereka, dalam menunjukkan kecintaan terhadap planet Bumi. Berikut di antaranya:

1. Ben Affleck

Ben Affleck mendirikan Eastern Congo Initiative pada 2010 dan telah membesarkan organisasi tersebut dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan sumber daya alam yang terancam di wilayah Kongo Timur. Inisiatif ini berkisar tentang filosofi bahwa pendekatan lokal dan berbasis masyarakat, sangat penting untuk menciptakan masyarakat yang berkelanjutan dan sukses di Kongo Timur. Dalam kemitraan dengan organisasi nirlaba milik Matt Damon, yakni Water.org, Affleck juga ikut mendukung inisiasi air bersih di Afrika.

2. Drew Barrymore

photo

Drew Barrymore

Seiring dengan menjadi aktivis hak-hak binatang, Drew Barrymore juga meluncurkan produk rumahan ramah lingkungan bernama Flower Home dan produk kecantikan bernama Flower Beauty. Semua produk kecantikan itu diproduksi di Amerika Serikat untuk menghindari dampak lingkungan dari polusi transportasi dan perkapalan.

Selain terbuat dari bahan-bahan yang baik dan tidak berbahaya, harga produk-produknya terjangkau. "Saya sangat bangga dengan penghargaan terhadap apa yang telah kami capai, yakni formula dan bahan alami yang kami buat sendiri," kata Barrymore kepada The Hollywood Reporter.

3. James Cameron

photo

Sutradara James Cameron


Dalam sikap menentang pernyataan Presiden Donald Trump tentang perubahan iklim, sutradara James Cameron membantah klaim presiden melalui film dokumenternya yang berjudul Not Reality TV. Film itu menyebut Trump sebagai 'penyangkal yang sembrono' terhadap perubahan iklim dan menunjukkan cuplikan nominator GOP yang menyebut pemanasan global sebagai hoaks.

James Cameron berbicara kepada The Hollywood Reporter pada 2016 tentang alasan ia merasa bahwa membuat film dokumenter ini diperlukan. "Kami membuat film ini untuk menunjukkan realitas perubahan iklim, bagaimana hal itu secara langsung mempengaruhi jutaan orang setiap hari," kata Cameron.

"Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, untuk menyelamatkan planet ini, kita perlu memobilisasi seperti yang kita lakukan selama Perang Dunia II. Ancaman terhadap negara dan anak-anak kita sangat parah," ujarnya.

4. Matt Damon

photo

Matt Damon

Pada 1990, Matt Damon mendirikan Water.org, sebuah organisasi yang bekerja untuk memberi dunia akses air bersih. Ini membuatnya mendapat penghargaan di Environmental Media Awards pada 2013.

Menurut Water.org, organisasi tersebut telah membantu 17 juta orang dalam mendapatkan akses air bersih dan penyaringan air. Damon juga berpartisipasi dalam film dokumenter James Cameron dan Jerry Weintraub, Not Reality TV.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA