Thursday, 15 Zulqaidah 1440 / 18 July 2019

Thursday, 15 Zulqaidah 1440 / 18 July 2019

Miley Cyrus Dikritik karena Berfoto di Pohon Langka

Jumat 05 Apr 2019 04:30 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih

Miley Cyrus

Miley Cyrus

Foto: Digitalspy
Miley Cyrus mengunggah fotonya di pohon Joshua yang termasuk pohon langka

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Miley Cyrus menggunggah foto ke Instagram untuk berbagi serangkaian foto dari pemotretan terbarunya pada Selasa (2/4). Dalam salah satu foto, penyanyi itu berpose di atas Pohon Joshua namun ternyata ada larangan untuk berfoto di lingkungan tersebut.

Baca Juga

"Yucca brevifolia adalah spesies tanaman yang termasuk dalam genus Yucca. Itu seperti pohon dalam kebiasaan, yang tercermin dalam nama-nama umum: pohon Joshua, Yucca Palm, Yucca Tree, dan Yucca Palm Tree. Pohon Joshua hanya tumbuh di satu tempat di Bumi - Gurun Mojave (California tenggara, Nevada, Utah, dan Arizona). Sistem akar pohon Joshua sangat dangkal," tulis akun Instagram JoshuaTreeHatesYouthis yang mengomentari foto tersebut.

Dalam unggahan keterangan, dijelaskan pelanggaran sudah berulang kali terjadi oleh wisatawan sehingga perlahan-lahan menyebabkan kematian pohon Joshua. Kondisi ini mendorong pohon Joshua masuk dalam daftar pohon yang terancam punah.

"Pohon Joshua membutuhkan waktu sekitar 60 tahun untuk menjadi dewasa dan dapat hidup hingga 500 tahun! Batangnya terdiri dari ribuan serat kecil dan tidak memiliki cincin pertumbuhan tahunan. Bobotnya yang sangat berat adalah bencana karena akarnya yang dangkal," tulis JoshuaTreeHatesYouthis dilansir Travel and Leisure.

Menurut kelompok itu, berpose seperti Cyrus, atau menggantung, memanjat, duduk, mengayun, berdiri, bersandar, menyentuh, memeluk, melakukan pose yoga, atau menggantung tempat tidur gantung sangat membahayakan pohon. Terlebih lagi, itu merupakan prilaku melanggar hukum dengan hukuman maksimum denda lima ribu dolar AS dan atau atau enam bulan penjara.

"Saya sangat mengagumi Miley Cyrus, namun sebagai sebuah komunitas, komunitas Pohon Joshua telah berusaha keras untuk mendidik masyarakat umum tentang gurun dan pohon Joshua, khususnya dan ini hanya terasa seperti kemunduran yang monumental," kata Pengelola Hotel Mojave Sands di pusat kota Joshua Tree Susan Burnett.

Larangan pun berlaku untuk berfoto di sekitar Pohon Joshua yang telah mati. Sebab, tempat tersebut menjadi habitat bagi makhluk lokal. Akun JoshuaTreeHatesYouthis pun menyarankan untuk setiap wisatawan menghapus foto yang telah diunggah. Tujuannya agar tidak ada lagi orang yang meniru dan menganggap tidak masalah melakukan foto di sekitar Pohon Joshua.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA