Selasa, 22 Syawwal 1440 / 25 Juni 2019

Selasa, 22 Syawwal 1440 / 25 Juni 2019

Tasya Kamila Konsisten Pilah Sampah Rumah Tangga

Jumat 22 Feb 2019 13:01 WIB

Red: Indira Rezkisari

Tasya Kamila

Tasya Kamila

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Tasya selalu memiliki dua tempat sampah terpisah di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi dan bintang iklan Tasya Kamila sejak beberapa tahun belakangan ini konsisten memilah sampah rumah tangga demi menjaga kebersihan lingkungan. Ia menyadari dampak sampah yang tak terolah akan dirasakan hingga anak cucunya kelak.

Baca Juga

"Kalau kita buang sampah sembarangan secara masif, dampaknya juga masif. Nanti anak cucu kita tidak bisa lihat, misalnya biota laut," kata Tasya saat acara lokakarya Bukalapak Trash to Treasure di Jakarta.

Tasya menjadikan membuang dan memilah sampah sebagai gaya hidupnya sehari-hari. Tindakannya itu tidak sesulit yang orang-orang bayangkan.

Paling mudah, menurut Tasya, sediakan tempat sampah terpisah di rumah agar diri sendiri dan anggota keluarga tergerak untuk memilah sampah. Tasya membagi tempat sampah di rumahnya menjadi dua jenis, yaitu organik dan anorganik.

Tempat sampah organik dia letakkan di dapur karena produksi sampah bekas makanan terbanyak berasal dari sana. Setelah terkumpul, dia akan memindahkan sampah organik ke tong komposter yang akan mengubah sampah menjadi kompos.

Sampah anorganik dapat dibagi lagi menjadi beberapa kategori, misalnya kertas, plastik, kaleng dan kaca. Tapi, Tasya menyarankan jika baru ingin memulai memilah sampah, tidak usah membuat kategori terlalu banyak supaya tidak membingungkan.

Jika sudah menyediakan tempat sampah yang berbeda untuk masing-masing kategori, Tasya yakin anggota keluarga akan mulai ikut memilah sampah. Selain memilah sampah, Tasya juga menilai penting untuk menumbuhkan kebiasaan mengurangi penggunaan barang yang berujung menjadi sampah, misalnya kantong plastik untuk berbelanja.

Caranya cukup sederhana, seperti membawa kantong belanja sendiri dan menggunakan sedotan yang terbuat dari stainless steel.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA