Jumat, 8 Rabiul Awwal 1440 / 16 November 2018

Jumat, 8 Rabiul Awwal 1440 / 16 November 2018

Maudy Koesnaedi Lebaran di Belanda

Senin 11 Jun 2018 11:16 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Maudy Koesnaedi.

Maudy Koesnaedi.

Foto: Antara
Berlebaran di kampung halaman suami sudah dilakukan tiga tahun terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maudy Koesnaedi akan merayakan Idul Fitri di Belanda. Tempat itu merupakan kampung halaman suaminya Erik Meijer dan telah menjadi tradisi selama tiga tahun terakhir.

"Semenjak mama sudah tidak ada, kami keluarga mudik ke Belanda. Ke rumah mertua yang memang sudah sepuh juga," kata artis Indonesia itu.

Perempuan berusia 43 tahun itu menceritakan, kalau mudiknya ke Belanda memang dilakukan untuk berkumpul dengan keluarga suaminya yang beragama Islam pula. Setiap tahun mereka berangkat untuk bersilaturahmi dan menemani mertuanya yang sudah berusia lanjut.

Meski sama-sama merayakan Lebaran bersama keluarga, ternyata terdapat tradisi yang cukup berbeda. Maudy mengatakan, kalau tetap saja perayaan di sana tidak semeriah di Indonesia.

Untuk shalat Idul Fitri pun dia tidak melakukannya di masjid. Sebab, tradisi di negeri kincir angin itu hanya mengharuskan laki-laki saja yang melaksanakannya di masjid.

Selain itu, setelah shalat, biasanya di Indonesia akan silaturahmi ke tetangga dan kerabat lainnya. Sedangkan di Belanda, keluarga suaminya hanya akan berkumpul di rumah dan menyantap hidangan bersama-sama.

Untuk sedikit membawa nuanasa Lebaran Indonesia di Belanda, Maudy memboyong beberapa makanan khas. Dia mengaku, akan mempersiapkan sajian seperti opor ayam dari Indonesia untuk bisa disantap di Hari Raya Idul Fitri nanti.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA