Monday, 4 Syawwal 1439 / 18 June 2018

Monday, 4 Syawwal 1439 / 18 June 2018

Frida Kahlo Jadi Nama Jalan di San Fransisco

Selasa 13 March 2018 14:12 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra

Frida Kahlo.

Frida Kahlo.

Foto: TheEveryGirl.
Berikut fakta unik lain tentang Kahlo.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANSISCO -- Frida Kahlo diabadikan sebagai nama jalan di Kota San Francisco, Kalifornia, AS, sebagai wujud penghormatan terhadap sang seniman. Phelan Avenue yang berlokasi di depan City College of San Francisco akan segera mengalami perubahan nama menjadi Jalan Frida Kahlo.

Pelukis perempuan asal Meksiko itu berpulang pada 1954 dalam usia 47 tahun karena sakit, tetapi pandangan feminis, lukisan misterius, dan gaya berpakaiannya masih terus dikenang. Berikut sederet fakta unik tentang Kahlo, dikutip dari laman People.

Museum di Meksiko

Kediaman Kahlo yang berwarna-warni di Coyoacan, Meksiko, kini disulap menjadi museum. Ada banyak barang pribadi Kahlo yang membuat pencinta seni mengetahui kehidupan sang seniman, seperti perabotan, pakaian, perhiasan, dan jurnal pribadinya.

 

Pencipta mode

Kahlo memiliki selera mode yang sangat unik dan kerap menjadi fashion trendsetter. Kesukaannya mengenakan gaun khas Meksiko berlapis perhiasan dan menata rambut dalam kepangan ikonik berhias bunga-bunga menginspirasi banyak barang dagangan populer di Meksiko.

Cinta sejati

Kahlo sangat mencintai suaminya, Diego Rivera, yang menikah dengannya pada 1929, bercerai pada 1940, lantas rujuk kembali di tahun yang sama. Rivera dilaporkan memiliki sejumlah hubungan gelap, tetapi Kahlo menganggap pria itu sebagai sosok cinta sejati.

Suka binatang

Kahlo sangat suka binatang dan memelihara berbagai jenis anjing, burung, monyet, serta rusa di rumahnya. Ia juga menjadikan para fauna itu sebagai objek lukisannya, selain nuansa alam dan bunga-bungaan yang disulap jadi kebun eksotis imortal pada kanvas.

Film Frida

Kehidupan Kahlo diangkat dalam film layar lebar berjudul Frida pada 2002 yang diperankan aktris Salma Hayek. Mengenai perannya, Hayek mengatakan sangat kagum terhadap Kahlo yang berani menjadi unik dan berbeda sepanjang hidupnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES