Monday, 4 Syawwal 1439 / 18 June 2018

Monday, 4 Syawwal 1439 / 18 June 2018

Leonardo DiCaprio Danai Konservasi Kura-Kura dan Lumba-Lumba

Ahad 11 March 2018 05:38 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri

Leonardo DiCaprio

Leonardo DiCaprio

Foto: REUTERS/Toby Melville
Seychelles merupakan negara kepulauan di antara 115 ribu pulau di Samudera Hindia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor tampan, Leonardo DiCaprio dikenal dengan kepeduliannya yang tinggi akan lingkungan dan pemanasan global. Baru-baru ini pemeran utama film 'The Revenant' itu ikut mendanai konservasi kura-kura dan lumba-lumba di Republik Seychelles.

 

Republik Seychelles merupakan negara kepulauan di antara 115 ribu pulau di Samudera Hindia. Jaraknya sekitar 1.600 kilometer (km) dari daratan Afrika.

 

Dilansir dari Travel and Leisure, DiCaprio menyumbang satu juta dolar AS atau sekitar Rp 14.3 miliar untuk Republik Seychelles. Proyek baru ini akan membantu melindungi spesies laut di perairan negara tersebut, khususnya kura-kura dan lumba-lumba dari penangkapan berlebih, polusi, dan perubahan iklim.

 

Republik Seychelles akan membuat dua taman laut dengan luasan 81 ribu mil per segi. Atas inisiasinya ini, negara tersebut akan mendapatkan potongan utang 21 juta dolar AS atau Rp 300 miliar dari total utang nasional mereka yang belum terbayar, mencapai 500 juta dolar AS atau Rp 7,1 triliun, berdasarkan laporan data dari Associated Press. Komitmen ini mengurangi utang nasional mereka hingga empat persen.

 

Taman laut baru ini akan dibangun di sekitar Pulau Aldabra dan Amirantes yang mencakup 16 persen dari wilayah perairan Seychelles, berdasarkan data The Nature Conservacy. Wilayahnya kira-kira sebesar Inggris Raya (Great Britain). Proyek ini harapannya selesai pada 2020.

 

Mengapa Kepulauan Seychelles menjadi salah satu yang terbaik di Afrika dan Timur Tengah? Ini karena di lokasi ini terdapat banyak resor super mewah, pantai alami (virgin beach), dan keindahan alam luar biasa.

 

Atol Aldabra juga ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Ini merupakan rumah bagi ratusan ribu kura-kura raksasa langka, kura-kura biasa, lumba-lumba, dan pari manta yang terancam punah. Perairannya juga dihuni dugong atau duyung, mamalia terancam punah di Samudera Hindia yang juga disebut sapi laut.

 

Menteri Lingkungan Hidup Seychelles, Didier Dogley menyambut konsep pertukaran utang ini sebagai sebuah kehormatan dan keistimewaan untuk negaranya. Seluas 99 persen wilayah Seychelles adalah lautan dan sumber pendapatan negaranya adalah pariwisata. Sektor perikanan dan pariwisata di negara ini merupakan mata pencaharian lebih dari separuh angkatan kerja di negara tersebut. 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES