Wednesday, 5 Zulqaidah 1439 / 18 July 2018

Wednesday, 5 Zulqaidah 1439 / 18 July 2018

ABC Pecat Chef Mario Batali karena Pelecehan Seksual

Sabtu 16 December 2017 06:30 WIB

Red: Nidia Zuraya

Chef Mario Batali saat memandu acara masak memasak The Chew yang ditayangkan di jaringan stasiun ABC.

Chef Mario Batali saat memandu acara masak memasak The Chew yang ditayangkan di jaringan stasiun ABC.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Jaringan Televisi ABC mengatakan, Jumat (15/12), pihaknya telah memecat chef Mario Batali dari acara masak-memasak siang hari The Chew, setelah ia dikenai tuduhan melakukan pelecehan seksual.

Media penerbitan bidang industri makanan dalam jaringan, Eater New York, melaporkan pada Senin (11/12) lalu bahwa empat perempuan, yang jati dirinya tidak diungkapkan, menuduh Batali memegang tubuh mereka secara tidak senonoh dalam kebiasaan yang sudah berlangsung selama setidaknya dua puluh tahun. Tiga dari perempuan itu pernah bekerja untuk Batali dalam karir mereka, menurut Eater New York.

"Setelah menyelesaikan penilaian terhadap tuduhan-tuduhan terhadap Mario Batali itu, ABC telah memutus hubungan dengannya dan dia tidak lagi akan tampil di acara The Chew," kata juru bicara ABC, yang merupakan bagian dari Walt Disney Co., mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Perwakilan Batali, Risa Heller, pada Jumat (15/12) belum menanggapi permintaan untuk berkomentar.

Dalam pernyataan yang dikirim melalui surat elektronik oleh Heller kepada Reuters pada Rabu (13/12), Batali mengatakan, "Saya meminta maaf kepada orang-orang yang telah saya perlakukan dengan tidak baik dan merasa terluka. Walaupun identitas sebagian besar orang-orang yang disebutkan di cerita-cerita ini belum saya ketahui, banyak perilaku yang digambarkan (dalam laporan itu, red) memang sesuai dengan cara saya lakukan."

"Perilaku itu salah dan saya tidak punya alasan (untuk membela diri, red). Saya bertanggung jawab secara penuh dan memohon maaf yang sebesar-besarnya atas rasa sakit, rasa terhina atau ketidaknyamanan yang telah saya sebabkan terhadap rekan-rekan, karyawan, pelanggan, teman-teman dan keluarga saya," ujarnya menambahkan.

Reuters belum dapat secara independen memastikan kebenaran tuduhan-tuduhan tersebut.

Pada Senin (11/12), Batali mengatakan ia sudah mundur dari perusahaan pengelola restoran miliknya, B&B Hospitality Group. Perusahaan itu mengelola 24 restoran milik Batali dan sejumlah koki lainnya.

Media bidang makanan Food Network mengatakan dalam surat elektronik pada Jumat bahwa jaringan televisi itu telah membatalkan rencana untuk meluncurkan kembali Molto Mario, acara masak-memasak yang telah membantu peningkatan karier Batali, terkait tuduhan pelecehan seksual terhadap koki tersebut.

Reputasi Batali sebagai ahli masakan Italia telah menjadikannya sebagai pemilik restoran, bintang televisi, penulis serta salah satu koki paling terkenal di dunia. Ia mulai tampil di Food Network pada 1997 dalam acara "Molto Mario" dan pada 2001 Batali ikut meluncurkan acara The Chew di ABC.

Sumber : Antara/Reuters
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES