Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Laskar Pelangi Sabet Buku Terbaik di New York Book Festival

Kamis 24 Oct 2013 22:48 WIB

Rep: Hafidz Muftisany/ Red: Mansyur Faqih

Sampul novel Laskar Pelangi edisi Amerika Serikat berbahasa Inggris dengan judul--The Rainbow Troops

Sampul novel Laskar Pelangi edisi Amerika Serikat berbahasa Inggris dengan judul--The Rainbow Troops

Foto: www.coroflot.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Novel Laskar Pelangi edisi internasional, The Rainbow Troops meraih penghargaan bergengsi pada Festival Buku New York (New York Book Festival) 2013.

Penulis Laskar Pelangi, Andrea Hirata mengatakan The Rainbow Troops menyabet pemenang pertama dalam kategori fiksi umum. "Laskar Pelangi edisi internasional berhasil keluar menjadi pemenang kategori fiksi umum di New York Book Festival 2013," ujarnya seperti dikutip Antara, Rabu (23/10).

Pemenang kedua dalam ajang bergensi tersebut direbut Samuel Finlay dengan Breakfast with the Dirt Cult. Andrea berharap penghargaan tersebut, dapat menjadi inspirasi para penulis Indonesia untuk berusaha menerbitkan buku di luar negeri.

Selain itu, katanya, para penulis dapat lebih mengenalkan sastra Indonesia kepada masyarakat dunia. "Mudah-mudahan penghargaan ini menjadi kebanggaan bagi Indonesia," kata dia.

Andrea mengaku terkejut karena penghargaan ini sangat prestisius di kalangan penulis. Ajang tahunan ini juga menjadi barometer bagi festival buku internasional. "Saya tidak menyangka akan menang, sebab Laskar Pelangi baru saja beredar di Amerika dan Kanada," ujarnya.

Tak hanya itu, reputasi penulis lain yang masuk nominasi pun sangat luar biasa. Sehingga penghargaan ini memberikan kado yang terindah di hari ulang tahunnya hari ini. 

Andrea mempersembahkan kemenangan ini bagi dunia buku Indonesia. Ia berharap para penulis muda lain tertantang untuk mengenalkan sastra Indonesia ke dunia internasional. Tak hanya di New York, Laskar Pelangi juga berjaya di Jerman.

Andrea juga memenangkan penghargaan ITB BuchAwards 2013 di Jerman. Novel Laskar Pelangi yang ditulis dalam Bahasa Jerman, Die RegenbogenTruppe memenangkan penghargaan tersebut bersama penulis asal India, Kiran Nagarkar dengan karyanya Die Statisten.

Bulan ini juga, ujar Andrea akan diluncurkan Laskar Pelangi versi Italia berjudul La Scuola Ai Confini Del Mondodengan penerbit Rizzoli. Menyusul kemudian edisi Jepang Niji No Shonentachi dengan penerbit Sunmark Tokyo. "Bulan depan insya Allah akan diterbitkan Laskar Pelangi edisi Bulgaria, Arab dan Prancis," ujar Andrea yang saat ini sedang berada di Jepang. 

Saat ini Andrea sedang mempersiapkan penerbitan novel keduanya di Amerika dan Jerman. "Insya Allah selesai sebelum 2013 berakhir."

Selain itu ia juga sibuk memperkenalkan karya-karya penulis muda Indonesia ke penerbit di luar negeri. "Saya kenalkan karya-karya anak bangsa yang dititip ke saya ke penerbit luar."

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA