Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

PM Korsel Ikut Kebakaran Jenggot Hadapi Skandal Seks Artis

Ahad 17 Mar 2019 10:12 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Christiyaningsih

Seungri tiba kantor kepolisian Seoul, Korsel, Kamis (14/3). Seungri hendak menjalani pemeriksaan kasus pemberian jasa prostitusi ke klien bisnisnya.

Seungri tiba kantor kepolisian Seoul, Korsel, Kamis (14/3). Seungri hendak menjalani pemeriksaan kasus pemberian jasa prostitusi ke klien bisnisnya.

Foto: AP
Industri hiburan Korsel sudah menjadi mesin penggerak pertumbuhan ekonomi

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Industri hiburan Korea Selatan (Korsel) saat ini tengah dilanda skandal seks yang diduga melibatkan sejumlah bintang K-Pop ternama. Padahal industri hiburan di Negeri Gingseng menjadi salah satu mesin pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Vitalnya peran industri hiburan dalam perekonomian bersanding dengan ekspor-ekspor besar sekelas ponsel Samsung dan mobil Hyundai.

Baru-baru ini masih hangat kasus soal Seungri, bintang K-Pop anggota boyband Big Bang yang masih dalam penyelidikan soal dugaan memfasilitasi pelacuran. Meski belum didakwa, penyelidikan telah memicu guncangan di Korsel.

Menyikapi skandal yang melibatkan para pesohor, Perdana Menteri Korsel Lee Nak-yon telah menyerukan penyelidikan ke klub-klub Gangnam. Skandal seks dan narkoba di klub-klub Gangnam ini pun menjadi bagian yang merusak citra industri yang kini sudah besar di mata dunia itu.

"Penyimpangan oleh beberapa selebritas dan orang-orang kaya sangat mengejutkan. Polisi harus menyelidiki sampai akar-akarnya untuk menegakkan keadilan," ujar Nak-yon dikutip dari Bloomberg akhir pekan ini.

Skandal itu terbuka saat November lalu, di mana seorang tamu di sebuah klub bernama Burning Sun dikeluarkan oleh staf. Seungri adalah eksekutif di klub dan ada spekulasi tentang hubungan mereka. Penyiar lokal MBC melaporkan bulan lalu bahwa seorang karyawan klub menyediakan obat-obatan untuk para tamu. Kemudian penyiar SBS melaporkan Seungri juga mengatur pelacuran.

SBS mengutip seorang pengacara yang mengklaim telah mendapatkan pesan KakaoTalk dari Seungri. Seungri membantah semua tuduhan melakukan kesalahan melalui agensi hiburannya. Namun agensinya, YG Entertainment, memutuskan kontrak dan meminta maaf karena gagal mengelola musisi lebih teliti.

Presiden Moon Jae-in, yang tahun lalu memuji K-Pop setelah BTS menduduki puncak tangga lagu Billboard 200, hingga saat ini belum memberikan komentarnya. "Ini mengejutkan, tidak hanya melalui penghibur tetapi soal bagaimana yang kuat dan kaya telah memanfaatkan pesona mereka untuk kepentingan mereka sendiri," kata Kim Jung-soo yang mengajar kebijakan budaya di Universitas Hanyang Seoul.

Dijuluki Korea's Great Gatsby karena gaya hidupnya yang mewah, Seungri adalah anggota termuda dari band beranggotakan lima orang yang dibentuk pada 2006. Para personil lainnya adalah T.O.P, Taeyang, Daesung, dan G-Dragon. Big Bang membuka jalan bagi kebangkitan K-Pop dengan serangkaian hits termasuk Fantastic Baby, Lies, dan Love Song. Boyband ini membantu mengubah musik Korsel menjadi merk global dengan daya tarik mereka.

Skandal itu semakin meluas ketika SBS melaporkan secara terpisah bulan ini bahwa selebriti K-Pop lainnya, Jung Joon-young, berbagi video spy-cam di ruang obrolan pesan yang menunjukkan dia berhubungan seks dengan seorang perempuan. SBS mengatakan dalam ruang obrolan itu ada pula Seungri dan bintang K-Pop lainnya.

Jung menjadi terkenal di kontes gaya America's Got Talent pada 2012. Dia dipecat oleh agensinya dan juga telah menyampaikan permintaan maaf publik. "Skandal itu adalah pil pahit untuk industri yang telah tumbuh lebih cepat daripada yang bisa dihadapi dan membutuhkan pelajaran," lanjut Kim.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA