Friday, 8 Syawwal 1439 / 22 June 2018

Friday, 8 Syawwal 1439 / 22 June 2018

Fakta Unik Seputar Nominasi Oscar

Senin 05 March 2018 14:58 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Pemain basket Kobe Bryant memegang piala Oscar sebagai pemenang kategori film pendek animasi Dear Basketball, di Los Angeles, Senin (5/3).

Pemain basket Kobe Bryant memegang piala Oscar sebagai pemenang kategori film pendek animasi Dear Basketball, di Los Angeles, Senin (5/3).

Foto: AP
Pebasket Kobe Bryant untuk pertama kalinya masuk nominasi Oscar.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Penyelenggaraan Academy Awards ke-90 diwarnai dengan banyak hal unik yang bisa diperbincangkan. Terdapat beberapa fakta unik dan menjadi sorotan yang dilihat publik.

Fakta-fakta yang berada di balik Oscar diantaranya gebrakan baru bagi industri hiburan Hollywood. Seperti kehadiran nominasi Oscar di beberapa bidang yang tidak pernah diisi oleh perempuan.

Sebanyak 7.000 pemilih dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences mempercayakan Greta Gerwig dalam mengarahkan "Lady Bird". Dia menjadi sosok sutradara perempuan kelima dan menjadi yang pertama sejak Kathryn Bigelow menang untuk The Hurt Locker pada tahun 2010.

Sedangkan Rachel Morrison masuk nominasi direktur fotografi untuk film Mudbound berhasil mendobrak nominasi sinematografi. Dia menjadi wanita pertama yang menerima nominasi untuk sinematografi terbaik.

Selain itu, Meryl Streep telah meningkatkan keunggulannya sebagai pemain yang paling dinominasikan dalam sejarah. Dia sudah 21 kali dinominasikan dalam Oscar, dan kali ini untuk perannya The Post karya Steven Spielberg. Sedangkan piala Oscar pernah didapatkannya selama tiga kali, dalam peran di Kramer vs Kramer (1979), Sophie's Choice (1982), dan The Iron Lady (2011).

Untuk fakta unik lainnya, berikut daftarnya, dikutip dari Malay Mail Online, Senin (5/3).

Musik

John Williams telah menambah rekor nominasinya dalam scoring musik. Dia berhasil mendapatkan nominasi tersebut sebanyak 46 kali, dan untuk tahun ini atas film Star Wars: The Last Jedi.

Sebenarnya, Total keseluruhan 51 nominasi, termasuk lima untuk lagu asli. Pencapaian itu adalah yang paling banyak bagi siapapun, setelah Walt Disney dengan 59 kali.

Kobe Bryant

Pensiunan superstar olahraga basket Kobe Bryant adalah nominator Oscar tahun ini. Hal tersebut berkat kolaborasi dengan artis Glen Keane dan komposer John Williams untuk Dear Basketball. Keduanya berhasil membawa pulang Oscar.

Kejutan

Beberapa kejutan pun terjadi pada penyelenggara kali ini, salah satu yang paling heboh setelah pengumuman nominasi merupakan ketidakhadiran Wonder Woman. Sedangkan pemeran yang tidak diduga masuk nominasi seperti nominasi Golden Globes Armie Hammer (Call Me by Your Name) dan Hong Chau (Downsizing).

Mudbound dan The Big Sick secara mencolok absen dari kategori gambar terbaik, meski mereka mendapat nominasi lain. Steven Spielberg (The Post) dan Martin McDonagh (Three Billboard) sama-sama ditinggalkan dari kategori sutradara terbaik, meski mengungguli dua film paling terkenal sepanjang tahun ini.

Di sisi lain, Denzel Washington mengambil nominasi kedelapan yang mengejutkan untuk akting, memperluas catatannya sendiri sebagai aktor kulit hitam yang paling dinominasikan banyak dalam sejarah Oscar. Dia telah menang dua kali, untuk Glory and Training Day. Washington juga memiliki nominasi Oscar tahun lalu buat gambar terbaik untuk Fences, yang dia arahkan dan sebagai produser pendamping.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES