Wednesday, 5 Zulqaidah 1439 / 18 July 2018

Wednesday, 5 Zulqaidah 1439 / 18 July 2018

Inilah Jejak Yahudi di Indonesia (bagian 5/habis)

Rabu 19 December 2012 13:24 WIB

Red: Abdullah Sammy

Zionisme (ilustrasi).

Zionisme (ilustrasi).

Foto: Panoramio.com

REPUBLIKA.CO.ID, Sejak negara Israel berdiri, banyak imigran Yahudi meninggalkan Indonesia. Namun, tidak sedikit pula yang bertahan di Nusantara. Imigran Yahudi yang bertahan di Indonesia ini masih sering menjalin relasi dengan kerabatnya yang bermukim di Israel. 

Kini, hanya segelintirdari orang Yahudi yang tetap memilih Indonesia sebagai tempat hidup. Mereka yang memilih bertahan di Indonesia umumnya adalah imigran Yahudi asal Baghdad. Surabaya dan manado jadi dua tempat Indonesia yang masih dihuni komunitas Yahudi hingga saat ini. 

Tidak sedikit dari generasi kedua Yahudi Baghdad ini memilih pindah agama memeluk Islam dan Kristen. Para keturunan Yahudi Baghdad yang lahir di Indonesia umumnya telah meninggalkan budaya leluhurnya.

Sisa dari imigran dan keturunannya inilah yang meninggalkan jejak Yahudi di Nusantara. Sekalipun Yahudi telah berjejak di Nusantara sejak abad ke 19, namun Indonesia tetap tidak mengakui keberadaan negeri induk para Yahudi, Israel.

Di sisi lain, sejumlah pihak coba mencengkam Indonesia dengan Israel dalam sebuah hubungan diplomatik. Usaha menjejakkan perwakilan Negeri Yahudi di Indonesia dilakukan dengan membuka akun Facebook bernama Israel Berbahasa Indonesia.  Akun itu mencoba melakukan propaganda untuk menarik simpati masyarakat Indonesia pada Israel. 

Akun ini sendiri telah menjerat hamir 300 ribu pengguna Facebook asal Indonesia. Dengan gamblang, akun ini memuat misi memperbesar jejak Negeri Yahudi di tanah Indonesia....(habis) 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES