Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Kisah Fitri: Pemanjat Tebing yang Biayai Naik Haji Ayahnya dari Bonus Medali Emas

Rabu 16 Nov 2011 00:04 WIB

Red: Stevy Maradona

Fitriyani, atlit panjat tebing nasional yang meraih medali emas.

Fitriyani, atlit panjat tebing nasional yang meraih medali emas.

Foto: SEA Games 2011

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG - Keinginan yang terpendam cukup lama bagi Fitriyani (23) sudah di depan mata, yakni membiayai ayahnya menunaikan ibadah haji. Alhamdulillah, keinginan itu terjawab setelah ia menerima bonus dari pemerintah atas prastasinya meraih medali emas SEA Games XXVI 2011.

"Alhamdulillah, keinginan dan cita-cita saya membiayai ayah menunaikan ibadah haji akan terkabul, setelah bonus yang dijanjikan saya terima," kata Fitriyani seusai medali emas dikalungkan kepadanya.

Fitriyani anak dari pasangan Suwardi dan Wahidah meraih medali emas SEA Games XXVI pada cabang olahraga panjat tebing kategori speed track putri di arena olahraga Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan.

Kenapa hanya ayah untuk dibiayai naik haji, Fitriyani mengatakan karena orang tua laki-lakinya lebih siap. Bagi Fitri, nama kecil dari atlet itu mengenal olahraga panjat tebing sejak dibangku kelas satu SMA di Yogyakarta.

"Saat itu saya mulai tertarik dengan panjat tebing karena cabang olahraga ini cukup menantang dan menuntut kesiapan fisik dan mental dalam membentuk karakter kita," kata alumnus Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta itu.

Anak pertama dari dua bersaudara pasangan Suwardi dan Wahidah itu mengaku baru selesai menamatkan kuliahnya, kemudian langsung bergabung ke pemusatan dan latihan nasional (pelatnas) atlet. Tekad membela Merah Putih dipentas olahraga dunia menjadi kebanggaan tersendiri bagi Fitriyani."Kita harus tunjukkan kepada masyarakat dunia bahwa Indonesia juga bisa berprestasi dibidang olahraga," katanya.

Spesialis kategori speed track panjat tebing itu juga mengaku dirinya tidak risih menggunakan busana muslimah (berjilbab) saat bertanding seperti di SEA Games. "Tidak ada masalah, dan bagi saya menggunakan jilbab dalam sebuah pertandingan tidak menganggu dalam meraih prestasi ini," kata perempuan berkulit hitam manis itu.

Bagi Fitriyani, meraih juara itu harus diawali dengan tekad dan kerja keras, disiplin, serius mengikuti bimbingan serta setiap petunjuk yang diberikan sang pelatih.

Prestasi yang pernah diraih Fitriyani untuk cabang olahraga panjat tebing kategori speed track adalah medali perunggu di Indonesia Open dan juara pertama Pra PON, mewakili daerah kelahirannya Yogyakarta.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA