Kamis 17 Nov 2011 13:19 WIB

Ketika Anak SD Diliburkan untuk Nonton SEA Games

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: Didi Purwadi
Sejumlah pelajar sekolah dasar (SD) melambaikan bendera saat menyambut perarakan api obor Sea Games XXVI di Jakarta, Jumat (4/11).
Foto: Antara/Ismar Patrizki
Sejumlah pelajar sekolah dasar (SD) melambaikan bendera saat menyambut perarakan api obor Sea Games XXVI di Jakarta, Jumat (4/11).

REPUBLIKA.CO.ID,TAMBORA - Anak anak sekolah dasar (SD) di Jakarta diliburkan selama sepekan terkait dengan pelaksanaan SEA Games 2011. Ditemui di lapangan pemukiman gang 5 RT.07/RW.05, anak-anak SD ini mengaku senang diliburkan walaupun dibekali segudang tugas.

"Tugasnya disuruh bikin kliping olahraga, boleh sepak bola, pencak silat, apa taekwondo," kata Syahdan Ramadhan (10 tahun), murid kelas 4 SDN Mangga Besar 15, kepada Republika.

Meski sudah libur sejak Sabtu (29/10), Syahdan belum juga mengerjakan kliping tersebut. Maklum, Syahdan baru akan masuk Senin (21/11). Ketika ditanya apakah tertarik nonton SEA Games di Senayan, Syahdan pun menggeleng sambil meneruskan bermain bola.

Lain lagi dengan Suci Afitri (8 tahun) dan Julia Fitri (8 tahun). Murid SDN Jembatan Lima 01 Pagi ini tidak disuruh membuat kliping. Keduanya hanya dianjurkan untuk memperbanyak nonton siaran olahraga.

Namun, sang guru tidak menetapkan apakah harus siaran SEA Games atau tidak. Jadi, kedua anak ini lebih senang nonton siaran bola bersama kakak laki-laki dan ayahnya.

"Banyak PR juga. Ada IPA, Bahasa Indonesia, sama Matematika. Nanti dikumpulin hari sabtu (19/11). Kita juga disuruh nonton bola di TV," kata Julia.

Waktu libur selama sepekan lebih sering dimanfaatkan kedua bocah untuk bermain. Mereka pun mengaku baru mengerjakan setengah dari seluruh PR. Ditanya apakah tertarik menonton SEA Games, mereka dengan malu-malu menggelengkan kepalanya.

''Aku tidak terlalu mengerti dengan cabang-cabang yang dilombakan di sana,'' kata Julia.

Hadi Muhammad Rufi (10 tahun) beda lagi. Murid SDN Jembatan Lima 03 ini mengaku tertarik jika disuruh datang langsung ke Senayan melihat pelaksanaan SEA Games ke-26. Itu dengan catatan gratis nontonya.

Hadi pun mampu menyebutkan dengan fasih beberapa cabang yang dilombakan dan cara bermainnya. Selain sepak bola, Hadi memang pecinta sepak takraw dan rajin latihan di sebuah klub sepak bola anak-anak. Namun, ketika ditanya apakah sudah mengerjakan PR klipingnya, Hadi menggeleng sambil tertawa-tawa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement