Kamis 10 Nov 2011 09:47 WIB

Kaki Lima Disulap Jadi Warung Tenda SEA Games

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Didi Purwadi
Pedagang Kaki Lima (ilustrasi)
Foto: Antara/Widodo S. Jusuf
Pedagang Kaki Lima (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Para penonton SEA Games sebaiknya jangan berharap bisa membeli souvenir dari pedagang kaki lima. Pasalnya, demi ketertiban selama pesta olah raga ini, semua pedagang yang biasa 'gelaran' itu tidak akan diizinkan berjualan di sekitar area Gelora Bung Karno (GBK). Sebagai gantinya, penonton bisa membeli bermacam pernak-pernik di tenda bazar yang disediakan panitia.

Tenda akan berdiri di dalam lingkungan GBK. "Nggak cuma souvenir saja, bazar makanan juga banyak," ujar penanggungjawab bazar, Bakrie Hutajulu.

Keberadaan bazar bakal semakin memeriahkan suasana SEA Games, namun lingkungan stadion tetap terjaga kerapihannya. "SEA Games kan banyak tamu dari luar. Kami ingin SEA Games meriah, tapi tetap tertib," katanya.

Sampai sejauh ini, sudah 50 tenda yang dipesan oleh para pedagang untuk berjualan. Masih banyak tenda yang bisa didirikan jika ada masyarakat yang mau berpartisipasi. Pedagang hanya mengganti ongkos empat juta untuk biaya tenda, listrik dan uang kebersihan dari tanggal 7-22 November (selama 16 hari).

Ia merasa biaya itu tidaklah mahal. Tenda dengan ukuran 3x3 meter itu masih bisa dibagi jika ada penjual yang ingin 'patungan'. "Kami hanya memfasilitasi agar tertib. Tidak ada unsur komersial," tambahnya.

Namun, ia tidak memungkiri tenda bazar itu hanya akan ramai jika Indonesia sedang bermain. "Kalau Indonesia lagi nggak main, mereka biasanya nggak mau jualan. Soalnya nggak ada yang nonton," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement