Jumat 11 Nov 2011 18:00 WIB

Raja Thailand Ikut Lomba SEA Games

Bhumipol Adulyadej
Foto: AP
Bhumipol Adulyadej

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Pada tahun 1967, sebenarnya bukan jatah Thailand menjadi tuan rumah SEAP Games IV. Tapi berhubung tuan rumah Laos mundur dari Federasi SEAP Games, Thailand akhirnya ditunjuk sebagai penggantinya.

SEAP Games, yang kini berubah nama menjadi SEA Games, saat itu dihadiri oleh 1200 atlet dan ofisial dari enam negara yaitu tuan rumah Thailand, Myanmar, Laos, Malaysia, Singapura dan Vietnam. Bhumipol Adulyadej, raja Thailand yang saat itu berusia 21 tahun, secara resmi membuka SEAP Games IV pada 19 Desember 1967.

Bhumipol Adulyadej tidak hanya membuka SEAP Games, tapi dia juga mengikuti lomba. Raja bersama Puteri Ubolratana dan Panglima Udara Dawee Chullasapya turut berpartisipasi dalam nomor layar. Perjuangan Bhumipol Adulyadej tidak sia-sia karena dia sukses mempersembahkan medali emas.

Bhumipol Adulyadej memang dikenal suka olahraga layar. Raja Thailand yang kini berusia 65 tahun itu pernah mengarungi Teluk Thailand dari Hua Hin menuju pelabuhan Toey di Sattahip. Dia berlayar dengan menempuh jarak 110 km.

Seperti ayahnya yang mantan insiyur angkatan laut, Bhumipol Adulyadej juga ahli dalam membuat desain perahu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement