Kamis 10 Nov 2011 19:09 WIB

Jakabaring Dilengkapi 'Amunisi' Tiga Helipad

Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG - Tiga landasan helikopter telah tersedia di halaman Stadion Menembak Jakabaring, Palembang, kata Ketua Panitia Pelaksana SEA Games XXVI (InaSOC) Sumsel, H Muddai Madang.

"Halaman Stadion Menembak memang cukup luas, sehingga memungkinkan untuk membuat landasan helikopter atau helipad itu," kata Muddai, di Palembang, Kamis.

Menurut dia, pembuatan helipad itu dilakukan prajurit TNI Angkatan Darat Kodam II/Sriwijaya, setelah merampungkan pengerjaan penghijauan dan pembuatan taman di sekitar arena menembak.

"Untuk bagian penghijauan dan pembersihan area sekitar Stadion Menembak dan Arena Voli Pantai, pihak panitia dibantu prajurit TNI, sehingga setelah halaman fasilitas olahraga itu selesai dicor dilanjutkan dengan pembuatan landasan helikopter," ujar dia.

Dia menerangkan, pada saat upacara pembukaan nanti akan disiagakan tiga helipad untuk kepentingan presiden, menteri, hingga tamu-tamu negara. "Selain untuk alat transportasi kenegaraan, helipad itu juga disiagakan untuk evakuasi jika terjadi suatu keadaan darurat," kata dia pula.

Dia menambahkan, nanti setelah SEA Games, helipad itu akan dimanfaatkan untuk olahraga aeromodelling yang mulai berkembang di Palembang.

"Posisi arena menembak ini memang paling ujung dari Komplek Olahraga Jakabaring, tapi pada kenyataannya menjadi arena yang paling strategis dan indah pemandangannya, karena berhadapan dengan Danau Jakabaring yang cocok jika dimanfaatkan untuk aeromodelling," ujar dia.

Menjelang kedatangan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, ke Palembang, Kamis sore ini, dilakukan pengamanan di sejumlah tempat strategis di Kota Palembang.

Terdapat sejumlah prajurit TNI dan aparat keamanan lainnya yang berjaga-jaga di sepanjang jalan Jembatan Ampera. Setidaknya, setiap 10 meter terdapat seorang prajurit TNI yang bersiaga lengkap dengan senjata di tangan.

Prajurit TNI juga terlihat di area sekitar Bundaran Air Mancur atau depan Masjid Agung Palembang. Pengamanan ketat sangat terasa pada gerbang Komplek Olahraga Jakabaring yang menempatkan sedikitnya dua regu personel TNI, dan satu regu polisi untuk berjaga.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement