Mudik Gratis Mudahkan Warga Perantauan Kembali ke Kampung Halaman

Red: Erdy Nasrul

Jumat 05 Apr 2024 16:45 WIB

Ilustrasi program mudik gratis. Foto: Republiika/Fergi Nadira Ilustrasi program mudik gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA BOGOR -- Polresta Bogor Kota, Polda Jawa Barat, memberangkatkan 120 warga Kota Bogor pulang kampung memanfaatkan program mudik gratis.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso di Kota Bogor, Jumat, menyebut 120 warga diberangkatkan menggunakan dua unit bus dari Terminal Baranangsiang.

Baca Juga

“Ini kita berangkat dari Terminal Baranangsiang, lalu ke Cianjur, Bandung, Garut, Tasik, Ciamis, Banjar, Cilacap, Purwokerto, sampai ke Yogjakarta,” kata Bismo.

Kendaraan yang digunakan untuk mudik gratis ini sudah diperiksa kelayakan serta kelengkapan surat administrasi, juga diperiksa pengemudinya.

“Tadi kita juga sudah uji kelayakan kendaraannya. Tidak hanya kendaraannya, tapi pengemudinya juga. Pengemudi harus memenuhi syarat sehat,” ujarnya.

Program mudik gratis ini merupakan bagian dari layanan masyarakat. Diperkirakan bus mudik gratis akan tiba di destinasi terakhir pukul 22.00 WIB.

“Iya ini bagian layanan masyarakat. Kita membantu dan berempati. Kita merasakan sama-sama memiliki hari raya Lebaran,” ucapnya

Kasat Lantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria menyebut, animo masyarakat yang mendaftar mudik gratis cukup besar. Pada hari kedua pendaftaran dibuka, jumlah pendaftar sudah memenuhi target pemudik yang akan diberangkatkan.

“Kemarin sekitar 160 orang yang daftar. Namun ternyata jalurnya berbeda, mereka ke Jalur Utara. Jadi yang kita berangkatkan adalah yang ke Jalur Selatan,” kata Galih. 

Terpopuler