Lepas 1500 Pemudik, Menag Imbau Banyak Berdoa dan Berdzikir

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul

Kamis 04 Apr 2024 21:00 WIB

Mudik Gratis 2024. Foto: Republika Mudik Gratis 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut secara resmi melepas 1500 orang yang mengikuti kegiatan "Mudik Asyik Bareng Gus Men" di Kantor Kemenag, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2024). Dia pun mengimbau kepada masyarakat yang ingin mudik Lebaran 2024 untuk banyak berdoa dan berdzikir selama dalam perjalanan. 

"Jaga kesehatan dan saya kira banyak berdoa sepanjang perjalanan, dzikir. Jangan banyak-banyak bercanda, dikit-dikit aja bercandanya," ujar Gus Yaqut usai melepas 30 bus yang dinaiki pemudik. 

Baca Juga

Selama menjadi menteri agama, Gus Yaqut telah ketiga kalinya menggelar mudik gratis. Menurut dia, setiap tahunnya masyarakat yang mengikuti mudik gratis Kemenag terus meningkat. 

"Alhamdulillah tahun ini kita kembali melaksanakan, tiga tahun berturut-turut, kita membantu saudara-saudara kita yang mudik juga sesuai dengan anjuran pemerintah," ucap Gus Yaqut. 

Dalam menyelenggarakan kegiatan mudik gratis ini, Menag bekerjasama dengan Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BSI, dan Nestle. Ketiga pihak bank tersebut masing-masing turut menyumbangkan bus untuk para pemudik.

"Alhamdulillah tahun lalu 20 bus, nah sekarang ada 30 bus. Mudah mudahan akan terus meningkat di tahun-tahun yang akan datang. Saya kira itu," kata Gus Yaqut. 

Puluhan bus yang dilepas Gus Yaqut itu akan diberangkatkan ke beberapa kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Selain itu, ada juga bus yang diberangkatkan untuk tujuan Lampung. Gus Yaqut berharap, tahun depan Kemenag bisa meningkatkan jumlah bus mudik gratis ini.

"Soalnya saya tanya ke beberapa pemudik juga merasa senang itu terbantu karena enggak usah harus repot-repot cari tiket. Dapat bekal lagi di perjalanan," jelas Gus Yaqut.

Sekretaris Jenderal Kemenag, M Ali Ramdhani menambahkan, kegiatan mudik gratis ini juga dirangkai dengan santunan anak yatim dan sembako untuk dhuafa. Melalui kegiatan ini, Kemenag ingin mengajak semua pihak untuk menikmati lebaran kali ini dengan riang gembira. 

"Satu pesan Gus Men, mari kita menikmati lebaran ini dengan riang gembira," kata Ali Ramdhani dalam sambutannya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Mudik Asyik Bareng Gus Men, Hasan Basri Sagala menjelaskan, masing-masing peserta mudik gratis ini juga diberikan sebuah Alquran. Ketika sampai di kampung halaman, diharapkan mereka membaca Alquran tersebut. 

"Kemenag juga memberikan bantuan ke peserta mudik beserta Alquran. Mudah-mudahan Alquran ini nanti dibaca ketika sampai ke kampung halaman. Kita kasih juga kurma," jelas Hasan.

Terpopuler