Mudik Bawa Anak Pakai Transportasi Umum, Ini 4 Hal yang Perlu Disiapkan Secara Matang

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti

Rabu 03 Apr 2024 15:23 WIB

Pemudik bawa anak (ilustrasi). Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mudik bersama anak. Foto: Republika/Prayogi Pemudik bawa anak (ilustrasi). Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mudik bersama anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Saat musim mudik tiba, banyak orang memilih menggunakan transportasi umum untuk perjalanan pulang ke kampung halaman bersama keluarga. Tak jarang, kehadiran anak kecil menyemarakkan momen mudik.

Untuk memastikan perjalanan mudik dengan anak berjalan lancar dan nyaman, platform pemesanan tiket daring tiket.com membagikan beberapa tips dan informasi penting. “Perjalanan dengan anak menggunakan transportasi umum memerlukan persiapan yang matang,” kata public relation Sr Manager tiket.com, Sandra Darmosumarto kepada Republika.co.id, Rabu (3/4/2024).

Baca Juga

Berikut ini beberapa hal yang patut Anda perhatikan ketika hendak mudik:

1. Persiapkan dengan baik sebelum berangkat

Rencanakan perjalanan dengan matang, termasuk jadwal keberangkatan dan jenis transportasi yang akan digunakan. Siapkan segala kebutuhan yang diperlukan, seperti makanan, minuman, atau hiburan untuk anak selama perjalanan. Manfaatkan layanan tambahan seperti pemesanan makanan dan bagasi tambahan saat memesan tiket untuk memastikan perjalanan lebih nyaman.

2. Atur jadwal perjalanan dengan bijaksana

Pilih jadwal keberangkatan yang tidak terlalu larut malam atau terlalu pagi agar anak tidak terlalu lelah. Pertimbangkan transportasi yang nyaman dan dilengkapi fasilitas untuk istirahat jika perjalanan memakan waktu lama, seperti Ferizy Lounge pada layanan transportasi feri.

3. Antisipasi dan atas kendala saat mudik

Gunakan layanan 100 persen Refund untuk fleksibilitas dalam membatalkan perjalanan, Smart Reschedule untuk mengubah jadwal dengan mudah, dan Full Trip Protection untuk perlindungan tambahan. Akses virtual chat assistant Travis di pusat bantuan tiket.com untuk mendapatkan informasi, solusi, dan bantuan saat menghadapi kendala selama persiapan atau perjalanan.

Selain itu, Sandra juga memberikan beberapa barang esensial yang harus dibawa saat mudik bersama anak menggunakan transportasi umum, khususnya pesawat. Anak kecil di bawah 3 bulan perlu memiliki dokumen perjalanan yang diperlukan, seperti akta kelahiran atau KIA/KTP, dan surat keterangan kesehatan layak terbang jika diperlukan

Pastikan untuk memilih kategori "bayi" saat memesan tiket dan memperhatikan aturan maskapai tentang barang bawaan bayi, seperti stroller dan car seat. Dengan persiapan yang matang dan penggunaan layanan tambahan yang tepat, perjalanan mudik dengan anak dapat menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan dan berkesan bagi seluruh keluarga.

Terpopuler