Bandara Samarinda Siapkan 3 Penerbangan Tambahan Saat Puncak Mudik

Red: Erdy Nasrul

Selasa 02 Apr 2024 20:30 WIB

Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Samarinda, Kalimantan Timur. Foto: Republika/ Wihdan Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Samarinda, Kalimantan Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda menyiapkan tiga penerbangan tambahan (extra flight) untuk memenuhi kebutuhan puncak arus mudik Lebaran, yang diprediksi mulai 6 April 2024.

"Tiga penerbangan tambahan tersebut, yakni Batik Air untuk rute ke Jakarta, Super Air Jet rute ke Surabaya, dan Citilink rute ke Surabaya," kata Kepala Seksi Teknik dan Operasi Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda Dwi Muji di Samarinda, Kaltim, Selasa.

Baca Juga

Dikemukakannya, Bandara APT Pranoto telah menyiapkan beberapa langkah di antaranya menyiapkan seluruh sarana dan prasarana penunjang pelayanan penumpang, seperti posko kesehatan, ruang tunggu yang nyaman, dan toilet yang bersih.

Bandara Samarinda juga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait seperti maskapai penerbangan, TNI, Polri, dan Dinas Perhubungan untuk memastikan kelancaran arus mudik.

Sejauh ini, arus penumpang di Bandara APT Pranoto Samarinda mengalami peningkatan tiga persen dibandingkan periode sebelum Ramadhan.

Periode 12-26 Maret 2024, tercatat total 23.513 penumpang yang berangkat dan tiba di bandara tersebut.

"Jumlah penumpang yang berangkat selama periode tersebut mencapai 15.925 orang, sedangkan yang tiba sebanyak 12.768 orang," ungkap Dwi.

Saat ini, terdapat enam maskapai yang beroperasi di Bandara APT Pranoto, yaitu Batik Air, Super Air Jet, Lion Air, Wing Air, Citilink, dan Susi Air. Rute penerbangan terbanyak adalah ke Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan Berau.

Dwi mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan penerbangan di Bandara APT Pranoto untuk membawa barang tidak melebihi kapasitas, tidak menerima barang titipan dari orang yang tidak dikenal, serta datang ke bandara lebih awal.

"Datanglah ke bandara minimal dua jam sebelum waktu keberangkatan untuk menghindari antrean panjang," ujarnya.

Dwi juga mengimbau kepada para calon penumpang untuk selalu memperhatikan waktu check-in dan mematuhi peraturan penerbangan.

"Dengan persiapan dan koordinasi yang baik dengan semua pihak, diharapkan arus mudik di Bandara APT Pranoto 2024 dapat berjalan dengan tertib dan lancar," tutur Dwi.

Terpopuler