Ahad 22 Oct 2023 22:32 WIB

Satu Pemain Timnas Basket Indonesia Resmi Direkrut Klub NBA untuk Musim 2023/2024

Aksinya selama memperkuat timnas Indonesia menuai perhatian NBA.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Logo NBA. Seorang pemain timnas Indonesia akan bermain di NBA musim ini.
Foto: NBA
Logo NBA. Seorang pemain timnas Indonesia akan bermain di NBA musim ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar baik dari Marques Bolden. Pemain naturalisasi timnas Indonesia berdarah Amerika itu akhirnya akan bermain di NBA musim 2023/2024. 

Kepastian ini didapat setelah pemain berusia 25 tahun pada 17 April lalu itu menandatangani two-way contract dengan Milwaukee Bucks. Dengan kontrak ini, Bolden yang memiliki sapaan karib Joyo ini bisa main di NBA juga di G League dalam satu waktu yang sama.

Baca Juga

Bolden sudah dimainkan tim yang membesarkan nama Giannis Antetokounmpo ini saat ajang pra-musim NBA yang berakhir kemarin. 

Pada 9 Oktober 2023 Bolden bermain 16 menit saat Bucks mengalahkan Chicago Bulls 105-102, dimana Bolden mencetak tiga poin dan empat rebound selama 16 menit bermain.

Saat menghadapi Memphis Grizzlies Bolden bermain 13 menit mencetak dua poin dan empat rebound. Dalam laga 11/10/2023 Bucks kalah 102-108. 

Manajer Timnas Indonesia Jeremy Imanuel Santoso mengomentari kontrak ini. “Hasil diskusi tim Bucks, sangat kagum dengan performa Marques membela tim Merah-Putih di Pre Olympic Qualifier. Penampilan apik saat itu membuka kesempatan yang berujung dengan two-way contract ini."

Saat Pra Kualifikasi Olimpiade Paris, Bolden tampil impresif. Pada laga pembuka saat mengalahkan Kazakhstan, dia membukukan 40 poin, 10 rebound, dan 2 asis.

Dengan sumbangan poin sebanyak itu, Indonesia mengalahkan Kazakhstan dengan kedudukan 91-82. 

Kemudian pada laga kedua melawan India, Bolden mencatatkan poin terbanyak 23 poin dan 9 rebound. Sayangnya, sumbangan poin itu belum bisa hindarkan Indonesia dari kekalahan karena skor akhir 74-90 untuk India.

Ketika melawan Arab Saudi, Bolden mencetak poin terbanyak dengan 21 angka, 9 rebound, dan 2 asis. Di pertandingan ini, Indonesia kalah 72-86.

Pada game keempat, Joyo menyumbang 9 angka, 7 rebound, dan 1 asis untuk Indonesia saat melawan Bahrain. Pada laga Ini, Indonesia menyerah 95-72.

Di laga terakhir melawan Suriah, Joyo kembali menjadi penyumbang poin terbanyak dengan 24 angka, 11 rebound, dan 1 asis. Sumbangan poin ini mengantarkan Indonesia mengemas kemenangan Kedua dengan kedudukan 84-78. 

Total, dari tiga pertandingan ini Joyo mencetak 117 angka, 46 rebound, dan 6 asis.

“Pemain Indonesia kembali ke NBA. Siap membawa 275 juta masyarakat Indonesia menjadi pendukung Milwaukee bucks,” kata Jeremy.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement