Saturday, 21 Sya'ban 1445 / 02 March 2024

Saturday, 21 Sya'ban 1445 / 02 March 2024

Bea Cukai Yogyakarta Kawal Ekspor Paper Bag ke Australia dan Selandia Baru

Rabu 23 Aug 2023 16:04 WIB

Red: Nora Azizah

Bea Cukai Yogyakarta mengawal ekspor paper bag ke Australia dan Selandia Baru.

Bea Cukai Yogyakarta mengawal ekspor paper bag ke Australia dan Selandia Baru.

Foto: Dok. Bea Cukai
Indonesia akan mengekspor 22,6 ton paper bag ke Australia dan Selandia Baru.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Mengirim barang ke luar negeri atau ekspor berperan besar dalam menambah devisa negara. PT Maesindo Indonesia memberangkatkan tiga kontainer berukuran 20 feet dari Kasihan, Bantul pada 17 Agustus 2023. Ketiga kontainer tersebut berisi lebih dari 22,6 ton tas paper bag yang akan dikirimkan ke Australia dan New Zealand.

“Total ekspor kali ini telah menyumbang devisa negara senilai USD 34.285 atau setara Rp 525.414.196,00,” ungkap Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Yogyakarta Affandi Gempar Aryani, dalam keterangan tertulis, Rabu (23/8/2023).

Baca Juga

Rencananya seluruh produk ekspor tersebut akan diberangkatkan menggunakan kapal laut melalui Pelabuhan Tanjung Emas. PT Maesindo Indonesia merupakan salah satu perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat di bawah pengawasan Bea Cukai Yogyakarta. 

Dengan fasilitas ini, perusahaan memperoleh penangguhan bea masuk dan PPN untuk barang impor yang digunakan sebagai bahan baku barang yang akan diekspor. Fasilitas fiskal ini efektif menekan biaya produksi perusahaan sehingga barang ekspor yang dihasilkan memiliki daya saing tinggi di mancanegara. 

“Sebagai aparatur negara, Bea Cukai Yogyakarta bertugas memastikan fasilitas ini dimanfaatkan sesuai ketentuan dengan melakukan pengawasan stuffing, pelayanan administrasi, dan penyegelan sarana pengangkut,” pungkas Aryani.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler