Selasa 08 Aug 2023 16:59 WIB

Liga 1: Persebaya Putus Lima Laga tanpa Kemenangan, Bekuk Bhayangkara FC 2-1

Persebaya comeback setelah dibobol lebih dulu oleh Bhayangkara FC.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pesepak bola Persebaya Surabaya Bruno Moreira (kiri) menendang bola dengan dihadang pesepak bola Bhayangkara FC Mochamad Rifky Ananta (tengah) dalam lanjutan pertandingan Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (8/8/2023).
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Pesepak bola Persebaya Surabaya Bruno Moreira (kiri) menendang bola dengan dihadang pesepak bola Bhayangkara FC Mochamad Rifky Ananta (tengah) dalam lanjutan pertandingan Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (8/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persebaya Surabaya berhasil mencuri tiga poin setelah menang comeback melawan Bhayangkara FC pada laga lanjutan pekan ketujuh BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Selasa (8/8/2023) sore. Bajul Ijo membalikan keadaan setelah sempat tertinggal dari tim tuan rumah. Laga berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Persebaya. 

Tambahan tiga poin membawa Persebaya bangkit keluar dari zona degradasi klasemen sementara Liga 1. Hasil ini mengakhiri catatan buruk Persebaya yang tanpa kemenangan dalam lima laga terakhir mereka. Persebaya naik ke peringkat ke-14 klasemen sementara dengan nilai 8 poin dari tujuh laga. Sementara Bhayangkara masih tertahan di posisi dua terbawah dengan nilai empat.

Baca Juga

Persebaya bermain disiplin di 15 menit pertama saat Bhayangkara terus menekan. Sani Rizki menciptakan peluang dengan umpan ke tengah tapi gagal kotak penalti disambut oleh pemain Bhayangkara. Namun ini berbuntut pada tendangan bebas karena handball pemain Persebaya di luar kotak penalti.

Pada menit ke-18 Mati Mier mengambil tendangan bebas dan menghasilkan tendangan sudut. Ia kembali mengeksekusi sepak pojok. Sepakan kaki kirinya berhasil mengarahkan bola kepada Sani Rizki yang berdiri tanpa terkawal. Sani dengan mudah mengarahkan bola ke gawang untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Bruno Moriera hampir menyamakan kedudukan di menit ke-25. Serangan Persebaya menembus sisi kiri pertahanan Bhayangkara, ia melepaskan tembakan dari sudut sempit ke arah tengah gawang. Namun upaya tersebut masih membentur mistar gawang Bhayangkara. 

Semenit kemudian, Bruno akhirnya mengonversi peluangnya menjadi gol. Ia menerima umpan jauh dari Andre, dengan tenang menghadapi pemain belakang Bhayangkara, ia kemudian melepaskan tembakan mendatar yang tak terkawal oleh Awan Setho. Skor berubah menjadi 1-1.

Persebaya menekan lebih dalam ke area pertahanan Bhayangkara di waktu tersisa. Upaya eksploitasi dilakukan dari sisi kiri maupun kanan serangan. Tapi the Guardian menunjukkan pertahanan yang solid untuk menggagalkam peluang tim tamu. Tuan rumah juga memberikan serangan balik tapi masih dapat dipatahkan. Babak pertama pun berakhir imbang 1-1.

Babak kedua dimulai dengan kedua tim masih menunjukkan ambisi untuk memenangkan permainan. Kedua tim saling jual beli serangan dengan permainan terbuka. Namun koordinasi yang apik membuat keduanya sulit menembus pertahanan satu sama lain.

Persebaya membalikkan keadaan di menit ke-64. Sho Yamamoto menunjukkan skil individu dengan melancarkan penetrasi ke lini pertahanan Persebaya. Ia membuka ruang, melepaskan diri dari kawalan pemain Bhayangkara sebelum melepaskan tembakan ke sudut kanan atas gawang Awan Setho. Skor 2-1 untuk Persebaya. 

Bhayangkara hampir menyamakan kedudukan di menit ke-71. Umpan Dendi yang tanpa diduga mengarah langsung ke gawang berhasil ditepis oleh Ernando Ari. Beruntung bagi Persebaya bola rebound tidak mengarah kepada Silva De Sousa yang berusaha menerkam. Bola kemudian disapu keluar oleh Ernando. Skor 2-1 bertahan hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit.

 

Mention Yukk, Satu jenis kosmetik yang ada di Meja rias Kamu!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement