Friday, 20 Sya'ban 1445 / 01 March 2024

Friday, 20 Sya'ban 1445 / 01 March 2024

Dukung Kelancaran Logistik Nasional, Bea Cukai Sosialisasikan NLE JAK

Selasa 11 Jul 2023 18:46 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Untuk mendorong efisiensi sistem logistik nasional, pemerintah mengimplementasikan NLE (National Logistic Ecosystem), yaitu suatu hubungan ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional sejak kedatangan sarana pengangkut  hingga barang tiba di gudang. Salah satu instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan NLE ini, sesuai Instruksi Presiden Nomor 5 tahun 2020, ialah Bea Cukai.

Untuk mendorong efisiensi sistem logistik nasional, pemerintah mengimplementasikan NLE (National Logistic Ecosystem), yaitu suatu hubungan ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional sejak kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang. Salah satu instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan NLE ini, sesuai Instruksi Presiden Nomor 5 tahun 2020, ialah Bea Cukai.

Foto: Bea Cukai
Bea Cukai berperan penting dalam menyukseskan penerapan NLE

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk mendorong efisiensi sistem logistik nasional, pemerintah mengimplementasikan NLE (National Logistic Ecosystem), yaitu suatu hubungan ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional sejak kedatangan sarana pengangkut  hingga barang tiba di gudang. Salah satu instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan NLE ini, sesuai Instruksi Presiden Nomor 5 tahun 2020, ialah Bea Cukai.

"Bea Cukai berperan penting dalam menyukseskan penerapan NLE demi terciptanya penurunan biaya logistik dan pertumbuhan sektor industri. Untuk itu, unit-unit vertikal Bea Cukai di berbagai daerah pun mengadakan sosialisasi implementasi NLE untuk para pengguna jasa," ujar Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar, pada Selasa (11/7/2023).

Disebutkan Encep, sosialisasi implementasi NLE salah satunya digelar oleh Bea Cukai Mataram untuk para pengguna jasa di Pelabuhan Lembar dan Bandara Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM). Dalam sosialisasi yang diselenggarakan pada 6 Juli 2023 tersebut, dibahas implementasi NLE dan Single Submission (SSm) Ekspor.

“Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional, merupakan salah satu latar belakang dibentuknya NLE sebagai bentuk nyata dari semangat untuk menjadikan ekosistem logistik Indonesia menjadi ekosistem logistik yang efektif dan efisien serta berdaya saing. Begitu pula dengan diimplementasikannya SSm Ekspor yang bertujuan untuk memudahkan para pengguna jasa dalam penyampaian data dan informasi sehingga tercipta single source of truth," tutur Encep.

Sebelumnya, sosialisasi implementasi NLE juga dilaksanakan Bea Cukai Pangkalpinang di awal Juni 2023 lalu untuk para pengguna jasa di Kepulauan Bangka-Belitung. Bahasan yang diangkat ialah Aplikasi NLE Connect, yang membantu mengintegrasikan seluruh program NLE, yaitu semua proses dari kedatangan sampai end costumer.

"Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan bahwa program NLE akan membantu pemerintah dan pelaku usaha mewujudkan arus logistik yang lebih cepat, masif, transparan, dan akuntanbel. Mengingat selama ini belum ada sistem yang mengolaborasikan tiap-tiap instansi yang terlibat dalam proses logistik. Dengan adanya sosialisasi implementasi NLE ini, terutama aplikasi NLE Connect diharapkan dapat membuat pelayanan menjadi semakin efektif, efisien, dan semakin baik," tutur Encep.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler