Sabtu 10 Jun 2023 23:55 WIB

Operasional Kapal FSO Pertamina Abherka Diperpanjang hingga 2031

Saat ini FSO Pertamina Abherka di upgrade sebelum kembali ke terminal khusus Poleng

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pertamina floating storage and offloading Pertamina Abherka resmi diperpanjang oleh PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore hingga 2031.
Foto: dok istimewa
Pertamina floating storage and offloading Pertamina Abherka resmi diperpanjang oleh PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore hingga 2031.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) melakukan kunjungan ke lokasi fasilitas upgrading dan docking kapal floating storage and offloading Pertamina Abherka yang dimiliki PT Pertamina International Shipping.

Pertamina floating storage and offloading Pertamina Abherka resmi diperpanjang oleh PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore hingga 2031. Saat ini floating storage and offloading Pertamina Abherka sedang mempercantik diri dengan upgrading dan docking di Galangan Paxocean untuk memastikan segala sarana dan fasilitas kapal floating storage and offloading dapat berfungsi kembali sebelum kembali ke Terminal Khusus Poleng, Madura. 

Perwakilan SKK Migas Departemen Kebandaran dan Kemaritiman Willy Yuniar mengatakan agar proses docking dan upgrading dipastikan seluruh kesiapan fasilitas, peralatan, dan pendukung operasional termasuk pemenuhan jadwal agar floating storage and offloading Pertamina Abherka bisa beroperasi optimal. 

“Tentunya tanpa mengesampingkan faktor keselamatan dan lindungan lingkungan dalam rangka mencapai target produksi 2023 maupun mewujudkan visi jangka panjang 2030,” ujarnya dalam keterangan tulis, Sabtu (10/6/2023).

Dalam kunjungan ini SKK Migas juga menekankan faktor operational excellence dan safe operation menjadi  perhatian utama dalam utilisasi floating storage and offloading Pertamina Abherka yang menjadi tulang punggung distribusi energi nasional. 

Sekretaris Perusahaan Pertamina International Shipping Muh Aryomekka Firdaus menambahkan utilisasi floating storage and offloading Pertamina Abherka adalah wujud sinergi positif dalam Pertamina Group sebagai pelaku bisnis dengan dukungan penuh SKK Migas selaku regulator. 

"Dengan kolaborasi penuh untuk memastikan keandalan operasional, ditargetkan floating storage and offloading Pertamina Abherka bisa beroperasional kembali sebelum akhir Juli 2023,” ucapnya. 

Kapal floating storage and offloading Abherka dibangun pada 1985 berkapasitas hingga 600 ribu barel dan diresmikan pertama kali menjadi floating storage and offloading pada 2012. Abherka  telah melewati 10 tahun masa kerja melayani kebutuhan Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement