Kamis 08 Jun 2023 16:17 WIB

Rafael Struick Berjuang dalam Beradaptasi dengan Cuaca Indonesia

Saat ini suhu di Surabaya mencapai 32 derajat celcius.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Rafael Struick
Foto: Dok PSSI
Rafael Struick

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia mulai menjalani latihan intens dalam pemusatan latihan (TC) di Surabaya yang memasuki hari keempat sejak dimulai pada Senin (5/6/2023). Salah satu pemain naturalisasi Indonesia Rafael Struick yang bermain di kasta kedua liga Belanda bersama klub ADO Den Haag mengaku harus beradaptasi dengan cuaca panas di Indonesia.

Pemain kelahiran Leidschendam, Belanda, pada 27 Maret 2003 itu mengaku senang bisa bergabung dengan skuad Merah Putih yang tengah menjalani persiapan menjelang dua laga FIFA matchday melawan Palestina pada Rabu (14/6/2023) dan Argentina pada Senin (19/6/2023). Pemain berusia 20 tahun itu memastikan akan bekerja keras untuk Indonesia. 

Baca Juga

"Ada lebih banyak pemain sekarang, seluruh pemain mulai berkumpul dan saya pikir pelatihannya sangat bagus. Saya senang bermain dengan tim dan ya mereka bekerja keras dua minggu ini," kata Struick dikutip dari Youtube PSSI, Kamis (8/6/2023).

Namun, pemain yang merupakan warga Belanda keturunan Indonesia itu mengaku harus berjuang keras untuk beradaptasi dengan cuaca Indonesia. Suhu Surabaya saat ini mencapai 32 derajat Celsius. Wajar jika pemain Belanda itu merasa kepanasan dan harus mulai membiasakan diri dengan hal itu.

"Sejujurnya saya harus beradaptasi dengan cuaca panas, tapi menurut saya semuanya berjalan dengan baik. Saya pikir lapangannya sangat bagus. Tapi, seperti yang saya katakan, cuaca sangat panas dan saya harus membiasakan diri. Ini lebih baik daripada hujan," kata dia.

Di sisi lain, Struick juga berharap dapat diberikan waktu untuk bermain oleh pelatih selama pelatihan agar ia bisa menunjukkan kemampuannya di lapangan. "Saya akan memberikan segalanya 100 persen di setiap latihan dan ya mari kita lihat apa yang akan terjadi," ujarnya menambahkan.

Struick merupakan pemain sepak bola kelahiran Belanda, 27 Maret 2003. Ia lahir dari ayah bernama Brian Struick, warga Belanda keturunan Indonesia. Sedangkan ibunya, Soraya Noraly Soedito merupakan warga Belanda keturunan Suriname. Nenek Rafael Struick dari pihak ayahnya bernama Eleonora Fredrika Rientsma Struick yang lahir di Semarang pada 24 April 1952. 

Hingga Rabu (7/6/2023) sore WIB, melalui laporan resmi PSSI, tercatat baru 15 pemain yang sudah bergabung ke TC dari total 26 pemain yang dipanggil oleh pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Mereka adalah Sandy Walsh, Andy Setyo, Rafael Struick, Ivar Jenner, Syahrul Trisna, Dendy Sulistyawan, Fachruddin Aryanto, Dimas Drajad, Stefano Lilipaly, Ernando Ari, Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Marc Klok, dan Edo Febriansyah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement