Kamis 08 Jun 2023 13:21 WIB

Ini Dia Siniar yang Jadi Primadona di Spotify

Komedi menjadi salah satu genre yang paling banyak didengar di Indonesia.

Penyedia layanan streaming audio Spotify mengungkapkan siniar alias podcast genre komedi menjadi salah satu genre favorit yang sering didengarkan di Indonesia.
Foto: dok Universitas BSI
Penyedia layanan streaming audio Spotify mengungkapkan siniar alias podcast genre komedi menjadi salah satu genre favorit yang sering didengarkan di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyedia layanan streaming audio Spotify mengungkapkan siniar alias podcast genre komedi menjadi salah satu genre favorit yang sering didengarkan di Indonesia.

Fakta tersebut didapatkan Spotify dari data "Wrapped Spotify" yang mengungkap terjadi peningkatan sebesar 91 persen untuk konsumsi genre komedi dari 2019 hingga 2023. Dalam data tersebut, sejak 2021, genre komedi juga terus bertahan di posisi lima besar genre siniar yang paling banyak didengarkan oleh masyarakat Indonesia.

Baca Juga

“Pertumbuhan genre komedi di Indonesia begitu menarik dan mencerminkan budaya nongkrong sehari-hari di Indonesia. Kami telah melihat pertumbuhan pendengar yang begitu pesat dan menjadikan komedi sebagai salah satu genre yang paling banyak didengar di Indonesia,” ujar Kepala Podcast Spotify Asia Tenggara Carl Zuzarte dalam siaran pers, Kamis.

Data lain mengungkapkan para pendengar yang kerap mendengar siniar komedi merupakan muda-mudi yang usianya berada di bawah 34 tahun. Beragam konten komedi yang didengarkan di antaranya mulai dari konsep stand up (lawak tunggal), percakapan bernaskah, bahkan yang absurd sekalipun. “Sebagai sebuah genre, podcast komedi sedang naik daun di Spotify," kata Zuzarte.

Setiap hari semakin banyak kreator maupun siniar komedi yang ingin menghibur warga Indonesia di Spotify. Melalui siniar, para kreator menemukan cara alternatif untuk menggambarkan situasi yang kocak dan menggelikan sehingga membuat pendengarnya tertawa dan terhibur.

Siniar seperti PODKESMAS dan GJLS konsisten menyuguhkan beragam konten komedi berbentuk talkshow, dengan percakapan yang jenaka dan spontan. Ada juga RAPOT dan BKR Brothers membawa jenis humor yang berbeda dengan percakapan mereka yang kocak dan mengundang tawa di antara para sahabat.

Sementara, Destanya Siapa? menghadirkan daya tarik komedi lewat monolog dan diskusi yang dipandu pembawa acara selebritas Deddy Mahendra Desta. Untuk yang suka menongkrong, podcast komedi seperti PODCAST ANCUR bisa cocok untuk anda karena lewat percakapan yang mengalir.

Siniar dengan sentuhan kultur khas Indonesia telah berhasil memikat hati para pendengarnya, seperti MENDOAN yang berbincang dalam bahasa Jawa dan AGAK LAEN! dengan dialek Batak.

Mereka membahas topik-topik yang sedang hangat dibicarakan saat ini, seperti perang tiket konser dengan humor ringan yang mudah dinikmati oleh semua orang.

Ada juga siniar genre horor yang dikolaborasikan dengan bumbu komedi seperti Malam Kliwon menyajikan cerita yang menegangkan, tapi lucu tentang ambulans tua yang misterius.

Konten dari Do You See What I See mengundang komedian Rais Marasabessy untuk berbagi kisah horor dalam kehidupannya yang diceritakan kembali dengan sentuhan komedi.

Bagi pendengar yang tertarik mencari konten komedi lainnya, Spotify memulai kampanye khusus genre siniar komedi selama sebulan penuh #LucuTerusdiSpotify. Dalam kampanye itu, berbagai kreator komedi di Indonesia diajak membagikan canda tawa kepada para pendengar.

Sebagai bagian dari kampanye ini, pendengar bisa menikmati satu bulan penuh lelucon, kisah lucu, dan perbincangan jenaka penuh tawa yang semuanya bisa didengarkan melalui mixed-media playlist Lucu Terus, di Spotify.

Pada playlist tersebut, pendengar juga dapat menyaksikan episode spesial #LucuTerusdiSpotify seperti cerita sehari-hari yang jenaka dari Cape Mikir with Jebung dan Podcast Raditya Dika (PORD) serta pilihan lagu yang telah dikurasi sesuai mood pendengar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement