Rabu 07 Jun 2023 19:00 WIB

Jelang Final UEFA Conference League, Pelatih Fiorentina Singgung Kegagalan AS Roma

Tim-tim asal Italia menjadi finalis di tiga kompetisi Eropa berbeda musim ini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Fiorentina, Vincenzo Italiano.
Foto: ap
Pelatih Fiorentina, Vincenzo Italiano.

REPUBLIKA.CO.ID, PRAHA -- Wakil Italia tampil begitu impresif di tiga kompetisi Eropa pada musim ini. Partai final di tiga kompetisi tersebut diisi oleh klub asal Italia. Untuk pertama kalinya sejak musim 1989/1990, tim-tim asal Italia menjadi finalis di tiga kompetisi Eropa berbeda dalam satu musim kompetisi.

Sementara AS Roma berhadapan dengan Sevilla di final Liga Europa, Fiorentina akan berduel dengan West Ham United di partai puncak UEFA Conference League. Terakhir, Inter Milan akan saling sikut dengan Manchester City untuk bisa merengkuh trofi Liga Champions musim ini.

Sayangnya, klub-klub Italia itu sudah dipastikan gagal mengulangi torehan impresif pada musim 1989/1990. Saat itu, AC Milan berhasil menjuarai Liga Champions, Juventus melangkah ke tangga juara Piala UEFA, dan Sampdoria menjadi tim terbaik di Piala Winners.

Di partai final Liga Europa, tengah pekan lalu, AS Roma harus mengakui keunggulan Sevilla, 1-4, via babak adu penalti. Kini, sorotan pun tertuju pada Fiorentina yang tengah bersiap menghadapi West Ham United di final UEFA Conference League, Kamis (8/6/2023) dini hari WIB.

Pelatih Fiorentina, Vincenzo Italiano, pun menyesalkan kegagalan AS Roma merengkuh titel Liga Europa. Seraya menyiratkan kebanggaan sebagai tim asal Italia, Italiano bertekad untuk membayar kekecewaan para pecinta sepak bola Italia atas kegagalan AS Roma memboyong titel Liga Europa tersebut.

''Saya cukup sedih dan menyesalkan kegagalan AS Roma dan Jose Mourinho (pelatih AS Roma) mengangkat trofi tersebut (Liga Europa). Kini, giliran kami untuk bisa membuktikannya. Kami akan berusaha meraih kemenangan di partai final yang berat ini,'' ujar pelatih asal Italia tersebut seperti dilansir laman resmi klub, Rabu (7/6/2023).

Terlepas dari kegagalan AS Roma tersebut, Italiano menegaskan, keberhasilan tiga tim Italia melaju ke partai final kompetisi Eropa musim ini menjadi penanda peningkatan dan kebangkitan kualitas sepak bola Italia. Keberhasilan itu, ujar eks pelatih Spezia itu, menjadi sumber buat kebanggaan publik sepak bola Italia.

''Saya ingin menekankan, keberhasilan tiga tim asal Italia melangkah ke semua final kompetisi Eropa adalah sumber kebanggaan buat orang Italia dan penanda perkembangan positif sepak bola Italia. Kami akan melakukan apapun untuk merayakan kemenangan di laga tersebut,'' kata pelatih yang mulai dipercaya menukangi Fiorentina pada 2021 tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement