Rabu 07 Jun 2023 16:14 WIB

Perbasi Siapkan Kompetisi Nasional Bola Basket 3x3 Putra dan Putri

Final pembahasan terkait kompetisi 3x3 dilakukan pada 30 Juni 2023.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Wakil Ketua Umum PP Perbasi Bidang 3x3 dan Mini Basket, Jamin Mattotoran (kanan).
Foto: ANTARA/Abriawan Abhe
Wakil Ketua Umum PP Perbasi Bidang 3x3 dan Mini Basket, Jamin Mattotoran (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PP Perbasi sedang mempersiapkan kompetisi nasional bola basket 3x3. Ajang tersebut memang sudah lama dinantikan dan akhir bulan ini sudah akan ada kejelasannya.

“Kami masih membahasnya di internal pengurus. Tunggu kabar baiknya paling lambat bulan ini sudah ada kejelasan seperti apa kompetisi 3x3 nanti,” ujar Wakil Ketua Umum PP Perbasi Bidang 3x3 dan Mini Basket, Jamin Mattotoran.

Baca Juga

Menurut Jamin, final pembahasan terkait kompetisi 3x3 pada 30 Juni 2023. Ini karena ada rencana kompetisi tidak hanya di kategori putra tapi juga putri.

Jamin mengakui, terobosan dari bidang 3x3 tidak hanya akan menghadirkan kompetisi 3x3. Ke depan dan masih dimatangkan adalah rencana pengelolaan data base pemain dan wasit.

Kemudian bagaimana sistem manajemen wasit 3x3. Lalu standardisasi pertandingan 3x3 berjenjang mulai dari KU-16 sampai KU-18 tahun. “Time line tanggal 16 Juni akan meeting dan draft keputusan akan diserahkan ke pimpinan,” ujar Jamin.

Jamin menegaskan bahwa tidak hanya kelompok umur yang diperhatikan PP Perbasi. Mini Basket yang menjadi wadah menumbuhkembangkan bakal bermain basket sejak dini juga digalakkan.

Memasyarakatkan mini basket, lanjut Jamin, akan dilakukan dengan sosialisasi tata cara pelaksanaan jambore mini basket di daerah dan secara nasional. Rencananya akan dilakukan pada 15 Juni 2023.

“Kami telah menyelesaikan panduan pelaksanaan pertandingan mini basket (terjemahan FIBA). Selanjutnya akan koordinasi dengan bidang kepelatihan sebelum disosialisasikan ke daerah,” ujar Jamin menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement