Rabu 07 Jun 2023 06:04 WIB

Resmi, Al Ittihad Umumkan Kedatangan Karim Benzema

Benzema dikontrak tiga tahun oleh Al Ittihad, klub juara Liga Pro Saudi.

Karim Benzema diumumkan sebagai pemain Al Ittihad.
Foto: Dok Al Ittihad
Karim Benzema diumumkan sebagai pemain Al Ittihad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Karim Benzema resmi bergabung dengan Al Ittihad dengan status free agent. Benzema dikontrak tiga tahun oleh klub yang berlaga di Liga Pro Saudi tersebut, demikian pernyataan klub juara Arab Saudi tersebut pada Selasa (6/6/2023), dikutip dari Gulf Times. Menurut laporan media, kontrak tersebut diperkirakan bernilai lebih dari 100 juta euro (Rp 1,6 triliun) per musim.

"Saya sangat senang bisa merasakan liga sepak bola yang baru di negara yang berbeda. Saya telah beruntung bisa mencapai hal-hal yang luar biasa dalam karier saya dan meraih semua yang saya bisa di Spanyol dan Eropa," ujar pemain berusia 35 tahun itu. "Sekarang ini adalah waktu yang tepat untuk sebuah tantangan dan proyek baru... Saya tidak sabar untuk bergabung dengan rekan-rekan baru saya dan, bersama mereka, membantu membawa klub yang luar biasa ini dan permainan di Arab Saudi ke tingkat yang lebih tinggi."

Baca Juga

Al Ittihad bulan lalu meraih gelar juara Liga Pro Saudi untuk pertama kalinya sejak 2009. "Kedatangan Benzema merupakan transfer paling berdampak dalam sejarah klub hingga saat ini," kata Al Ittihad dalam sebuah pernyataan. "Ini juga menandai langkah besar lainnya dalam perjalanan Liga Pro Saudi untuk menjadi salah satu tujuan utama sepak bola bagi para pemain terbaik dunia setelah musim terbaiknya hingga saat ini."

Di Real, Benzema telah memenangkan Liga Champions lima kali, empat mahkota La Liga dan tiga trofi Piala Raja Spanyol serta lima Piala Dunia Antarklub dan empat gelar Piala Super UEFA. Namun setelah musim 2021-22 yang luar biasa, ia terganggu oleh cedera pada musim yang baru saja berakhir dan harus absen di Piala Dunia bersama Prancis karena masalah paha.

Benzema bergabung dengan mantan rekan setimnya di Real Madrid, Cristiano Ronaldo, di kerajaan Teluk setelah pemain terbaik dunia lima kali itu pindah ke Al Nassr dari Manchester United setelah Piala Dunia tahun lalu.

Lionel Messi, yang akan meninggalkan Paris Saint-Germain setelah dua musim, juga telah dikaitkan dengan kepindahannya ke Arab Saudi. Pejabat senior dari klub Arab Saudi lainnya, Al Hilal, telah terbang ke Prancis untuk mencoba dan menyegel kesepakatan untuk Messi setelah pemain Argentina berusia 35 tahun itu memainkan pertandingan terakhirnya untuk PSG pada akhir pekan lalu, kata dua sumber yang mengetahui masalah ini kepada AFP. Delegasi Arab Saudi berencana untuk bertemu dengan ayah dan agen Messi, Jorge, dengan tujuan untuk menyelesaikan penandatanganan sesegera mungkin.

Arab Saudi telah menyusun daftar lebih dari 10 pemain yang telah memenangkan Liga Champions atau Piala Dunia yang ingin dibujuk ke liga mereka, kata sumber yang dekat dengan negosiasi tersebut. Daftar tersebut termasuk gelandang Real Madrid dan Kroasia Luka Modric, kiper Tottenham Hugo Lloris, dan rekan setimnya di timnas Prancis, N'Golo Kante.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement