Sabtu 03 Jun 2023 08:26 WIB

Hakan Fidan Hingga Mehmet Simsek Berpeluang Masuk Kabinet Erdogan

Fidan, kepala Badan Intelijen Turki diprediksi jadi menlu atau wapres bidang hankam.

Kepala Badan Intelijen Turki, Hakan Fidan.
Foto: Dok MIT
Kepala Badan Intelijen Turki, Hakan Fidan.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Recep Tayyip Erdogan dijadwalkan dilantik menjadi presiden Turki tiga periode di Parlemen pada Sabtu (3/6/2023). Sesudah itu, ia memiliki kewenangan untuk mengumumkan daftar kabinetnya. Bocoran beberapa nama calon menteri sudah beredar di kalangan masyarakat Turki. Tiga nama yang kerap dibicarakan adalah Hakan Fidan dan Ibrahim Kalın

Jika tidak ada aral melintang, Erdogan disebut mengumumkan langsung kabinetnya pada Sabtu malam waktu setempat. Tiga nama yang hampir pasti menduduki kursi menteri adalah Hakan Fidan, Ibrahim Kalan, dan Mehmet Simsek.

Presiden Recep Tayyip Erdogan, yang keluar sebagai pemenang sekali lagi dalam pemilihan, akan mengambil sumpahnya besok. Presiden Erdogan diperkirakan akan mengumumkan kabinet baru di malam hari. Beberapa jam sebelum pengumuman kabinet baru, klaim tentang nama dipercepat.

Selain menteri, Erdogan juga menunjuk sosok wakil presiden. Pusulahaber pada Jumat (2/6/2023), melaporkan, nama yang balik banyak disebut media untuk kabinet baru adalah Juru Bicara Kepresidenan İbrahim Kalın dan Kepala Badana Intelijen Turki Hakan Fidan.

Reuters mengeklaim, hampir pasti Erdogan juga memasukkan Mehmet Simsek ke dalam kabinetnya bersama İbrahim Kalın dan Fidan. Adapun Simsek merupakan mantan menteri ekonomi dan wakil perdana menteri Turki. Muncul juga kabar, Simsek berposisi sebagai wakil presiden yang bertanggung jawab atas bidang perekonomian.

Adapun Fidan ditunjuk sebagai menteri luar negeri. Namun ada kabar pula, ia akan diangkat sebagai wakil presien yang bertanggung jawab di bidang keamanan dan pertahanan Turki.

Sementara itu, Ibrahim Kalin yang sekarang menjadi juru bicara kepresidenan akan dilantik sebagai menteri luar negeri. Namun, bisa pula Kalin ditunjuk sebagai kepala Badan Intelijen Turki.

Muncul klaim penugasan yang berbeda untuk nama ini. Namun, klaim yang paling umum; Hakan Fidan akan ditunjuk sebagai Wakil Presiden yang bertanggung jawab atas keamanan dan pertahanan internal dan eksternal, dan İbrahim Kalın akan ditunjuk sebagai Kementerian Luar Negeri.

Sementara itu, Kepala Biro Middle East Eye Turki, Ragıp Soylu memprediksi, Erdogan akan mengganti Menteri Dalam Negeri Süleyman Soylu dan Menteri Pertahanan Jenderal (Purn) Hulusi Akar. Adapun Simsek hampir dipastikan menjadi menteri ekonomi dengan kekuatan penuh untuk mengatasi gejolak inflasi.

"Tampaknya semakin besar kemungkinan Kepala Intel Hakan Fidan akan menjadi menteri luar negeri Turki berikutnya. Berbagai sumber memberi tahu saya bahwa Juru Bicara Kepresidenan Ibrahim Kalin kemungkinan besar akan menjadi Kepala Intel Turki berikutnya. Muhterem Ince kemungkinan akan menjadi menteri dalam negeri berikutnya. Saat ini ia menjabat sebagai hakim di Mahkamah Konstitusi," katanya melalui akun Twitter, @ragipsoylu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement