Jumat 02 Jun 2023 12:55 WIB

Jokowi Targetkan Jalur Lintas Selatan Jawa Rampung Tahun Ini

Jalur lintas selatan akan terhubung dari Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ahmad Fikri Noor
Presiden Joko Widodo. Jokowi meresmikan Jembatan Kretek II di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, pada Jumat (2/6/2023).
Foto: Tangkapan Layar/BPMI Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo. Jokowi meresmikan Jembatan Kretek II di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, pada Jumat (2/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jembatan Kretek II di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, pada Jumat (2/6/2023). Jokowi berharap, jalan ini bisa memperlancar jalur logistik dan lalu lintas masyarakat.

"Keadaan jalannya seperti ini dan diharapkan kecepatan jalur logistik, mobilitas orang, mobilitas barang semuanya bisa lancar," kata Jokowi seusai peresmian yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Baca Juga

Jembatan Kretek II Bantul ini merupakan bagian dari jalan lintas selatan yang tengah dibangun. Nantinya jalur lintas selatan ini akan terhubung dari Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur.

Jokowi berharap, pembangunan jalan lintas selatan ini bisa segera diselesaikan pada tahun ini. "Ya ini jalan lintas selatan, ini dari ujung Banten sampai ujung di Banyuwangi, Jawa Timur, segera selesai tahun ini kalau tersambung tadi. Kekurangan di Daerah Istimewa Yogyakarta 14 km, kemudian di Jawa Timur 24 km, selesai (nanti) disambung semuanya karena kita telah memiliki jalur lintas selatan," ujar Jokowi.

Setelah nantinya jalur lintas selatan ini tersambung keseluruhan, Jokowi berharap bisa meningkatkan daya saing berbagai produk yang diproduksi dari wilayah Jawa bagian selatan. "Dan kita harapkan daya saing produk-produk yang ada dan diproduksi di bagian Jawa bagian selatan bisa masuk ke pasar dengan kompetitif. Tujuannya ke sana," kata Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement