Kamis 01 Jun 2023 16:29 WIB

Ini Dia 15 Ponsel Pintar Premium Terpopuler di Dunia

Pasar ponsel premium tercatat tumbuh sebesar 4,7 persen.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ponsel iPhone 14 berada di puncak daftar ponsel premium paling populer di dunia.
Foto: iphone 14
Ponsel iPhone 14 berada di puncak daftar ponsel premium paling populer di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sebuah laporan baru yang diterbitkan oleh firma analis pasar teknologi global Canalys mengungkap lonjakan penjualan ponsel pintar premium. Pasar ponsel premium tercatat tumbuh sebesar 4,7 persen pada kuartal pertama tahun 2023.

Ponsel dianggap masuk ke segmen premium atau high-end jika harganya lebih dari 500 dolar AS (Rp 7,48 juta). Berikut 15 ponsel pintar premium paling populer di dunia menurut laporan Canalys, dikutip dari laman Gadgets Now, Kamis (1/6/2023).

Baca Juga

- iPhone 14 Pro Max

Ponsel termahal besutan Apple ini berada di puncak daftar ponsel premium paling populer di dunia. Keunggulan ponsel ini yakni chipset A16 Bionic, kamera beresolusi 48 MP, fitur desain "Dynamic Island", dan fitur "Always-On Display!".

 

- iPhone 14 Pro

IPhone 14 Pro menyusul posisi iPhone 14 Pro Max dalam daftar. Sebagai perbandingan, ukuran iPhone 14 Pro yakni 147,5 mm (tinggi) x 71,5 mm (lebar) x 7,85 mm (ketebalan) dengan bobot seberat 206 gram, sementara iPhone 14 Pro Max sedikit lebih besar yaitu 160,7 x 77,6 x 7,85 mm dengan bobot 240 gram.

 

- iPhone 14

Ponsel premium terpopuler ketiga juga merupakan iPhone. IPhone 14 dianggap menawarkan banyak nilai lebih, meskipun bukan model Pro. Berbagai hal mendasar seperti desain, layar, kamera, daya baterai, dan sistem operasinya dianggap memuaskan.

 

- iPhone 13

IPhone 13 yang populer tahun lalu juga masuk dalam daftar. Berbeda dengan model Pro generasi sebelumnya, Apple terus menjual model non-Pro selama beberapa tahun. Banyak penggila teknologi menyebut iPhone 13 menampilkan kualitas visual yang bagus.

 

- Samsung Galaxy S23 Ultra

Ide Samsung untuk menggabungkan Note series dengan S-series tampaknya terbayar karena Galaxy S23 Ultra menjadi ponsel premium terpopuler kelima di dunia. Di antara seri Galaxy S23 lainnya, Samsung Galaxy S23 Ultra menenpati singgasana teratas.

 

- iPhone14 Plus

Varian Plus dari iPhone diluncurkan untuk pertama kalinya dengan iPhone 14. Apple mengesampingkan promosi seri mini dan menggantinya dengan Plus dan tampaknya cara ini lebih diterima oleh pelanggan. Buktinya, iPhone 14 Plus masuk daftar terpopuler.

 

- Samsung Galaxy S23

Tampaknya ada pasar untuk ponsel premium 'kecil' karena Galaxy S23 dengan layar 6,1 inci ini masuk dalam daftar terpopuler. Dibandingkan pendahulunya, yakni Galaxy S22, Samsung Galaxy S23 mendapat perbaikan pada layar, chipset, kualitas kamera, dan kapasitas baterai.

 

- iPhone 12

Diluncurkan dua tahun lalu, posisi ponsel premium ini masih kuat di mata konsumen. Ponsel iPhone 12 dianggap sebagai proposisi yang menarik bagi banyak pembeli yang tidak ingin berbelanja secara royal pada iPhone yang tampilannya mengilap.

 

- Samsung Galaxy S23 Plus

Galaxy S23 Plus menjadi ponsel premium terpopuler kesembilan di dunia, menurut laporan Canalys. Keunggulannya yang diminati yakni teknologi kamera yang canggih, performa gaming mumpuni, dan kualitas video yang direkam di malam hari.

 

- Samsung Galaxy Z Flip4

Satu-satunya ponsel lipat yang masuk daftar ponsel premium terpopuler adalah Galaxy Z Flip4. Ponsel ini punya fitur FlexCam, tahan air, dan diklaim cocok untuk penggunaan jangka panjang, dengan layar Flip4 yang disebut bisa bertahan hingga 200 ribu kali lipatan.

 

- iPhone SE generasi ke-3

IPhone SE yang 'terjangkau' jelas merupakan pilihan populer di kalangan pembeli di seluruh dunia. Ponsel yang relatif berukuran mungil ini memiliki desain ergonomis, ringan dan ringkas, juga dukungan layar dan suara yang berkualitas berkat sejumlah fiturnya.

 

- Samsung Galaxy S22

Ponsel andalan Samsung tahun lalu juga masuk dalam daftar ponsel premium terpopuler. Fitur utamanya antara lain nightography untuk foto di malam hari, smooth video untuk merekam bebas getaran, prosesor cepat, dan pengisian daya cepat.

 

- Xiaomi 13

Xiaomi 13 menjadi ponsel pintar non-Apple atau non-Samsung pertama yang masuk daftar adalah perangkat unggulan dari Xiaomi. Ponsel ini mencuri perhatian karena dua hal utama, yakni penggunaan SoC baru Snapdragon 8 Gen 2, serta kolaborasi dengan jenama kamera Leica.

 

- Huawei Mate 50

Pernah menjadi saingan kuat Apple dan Samsung, Huawei sempat mengalami kemerosotan penjualan di lingkup global. Namun, di teritori andalannya sendiri, jenama ini masih kuat di mata konsumen. Seri Mate andalannya terus populer, termasuk Huawei Mate 50.

 

- Samsung Galaxy S21 FE 5G

'Edisi penggemar' atau versi ramping dari ponsel andalan Samsung ini beresonansi dengan pembeli. Galaxy S21 FE 5G menempati urutan ke-15 dalam daftar. Ponsel ini memiliki prosesor mumpuni, layar dengan Super Smooth 120 Hz, dan kamera depan 32MP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement