Kamis 01 Jun 2023 15:27 WIB

Laznas PYI Berpartisipasi dalam Kegiatan Kampung Zakat Cekal Baru di Aceh

Kampung Zakat Cekal Baru merupakan yang kedua diluncurkan di Aceh.

Laznas PYI turut berpartisipasi dalam kegiatan peluncuran kampung zakat cekal baru di Aceh.
Foto: Dok. Panti Yatim
Laznas PYI turut berpartisipasi dalam kegiatan peluncuran kampung zakat cekal baru di Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) telah meluncurkan program Kampung Zakat di Desa Cekal Baru, Kecamatan Timang Gajah, Bener Meriah, Provinsi Aceh, pada Kamis (11/5/2023). Ini adalah kampung zakat kedua di Provinsi Aceh, setelah program serupa diluncurkan di Aceh Singkil sebelumnya.

Dalam acara peresmian program tersebut, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag RI Drs Tarmizi Tohor MA menyampaikan bahwa Kemenag RI telah mencanangkan setiap kabupaten/kota di Indonesia harus memiliki kampung zakat. Program ini akan dilakukan secara bertahap.

Baca Juga

Laznas PYI Yatim dan Zakat juga turut berpartisipasi dalam acara peresmian tersebut dengan menyalurkan empat program unggulannya. Di antara program tersebut, yaitu Program Ekonomi, Pendidikan, Kemanusiaan, dan Dakwah. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan dalam peluncuran Kampung Zakat Cekal Baru, Aceh.

Meskipun dalam perjalanan menuju ke lokasi kampung zakat tersebut terdapat berbagai hambatan dan butuh perjuangan ekstra, tim PYI berhasil sampai di tujuan dengan selamat setelah melakukan perjalanan darat selama lima hari. SPV Pemberdayaan sekaligus perwakilan PYI, Tedi, memaparkan jumlah bantuan yang telah disalurkan untuk mendukung Kampung Zakat tersebut. 

"Untuk Program Ekonomi, bantuan berupa satu set peralatan produksi kripik diberikan kepada kelompok UMKM. Untuk Program Pendidikan, bantuan berupa 100 paket alat sekolah disalurkan kepada yatim dan dhuafa. Untuk Program Kemanusiaan, berupa 100 paket sembako disediakan untuk penerima yatim dan dhuafa. Dan yang terakhir, untuk Program Dakwah, bantuan berupa 72 paket Al-Qur'an dan rendang” jelasnya, dalam keterangan tertulis, Kamis (1/6/2023).

photo
Laznas PYI turut berpartisipasi dalam kegiatan peluncuran kampung zakat cekal baru di Aceh. - (Dok. Panti Yatim)

Ia mengucapkan terima kasih atas doa dan dukungan sahabat dermawan semuanya. Ia juga turut bersyukur atas sambutan baik dari seluruh lembaga amil yang bergabung dalam kegiatan tersebut serta sambutan baik dari pemerintah setempat dan khususnya Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag RI Drs Tarmizi Tohor MA.

"Program Kampung Zakat diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat melalui pemanfaatan dana zakat, infak, dan sedekah. Semoga program ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat di Desa Cekal Baru dan seluruh Indonesia," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement