Rabu 31 May 2023 23:01 WIB

Bahaya Virus Powassan, Gejala tak Terlihat Tapi Tingkat Kematiannya Hingga 30 Persen

Virus ini mendapatkan namanya dari seorang anak laki-laki 5 tahun di Powassan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
 Virus mematikan (ilustrasi). Penyakit paling serius yang terkait dengan Powassan adalah radang otak, atau ensefalitis.
Foto: Republika.co.id
Virus mematikan (ilustrasi). Penyakit paling serius yang terkait dengan Powassan adalah radang otak, atau ensefalitis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Robert Weymouth (58 tahun) dari Portland, Maine, meninggal tahun ini karena terinfeksi virus Powassan, yaitu infeksi langka dan tidak dapat diobati. Virus ini masuk lewat gigitan kutu. Apa sebenarnya virus ini?

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Weymouth merupakan korban meninggal ketiga karena virus ini sejak 2015 di Maine. Namun merupakan kematian pertama tahun ini. Dia mengembangkan gejala neurologis dan meninggal di rumah sakit.

Baca Juga

Istrinya, Annemarie Weymouth, kini memperingatkan orang lain untuk melindungi diri dari penyakit itu. "Dia ada di sana, tapi dia tidak bisa menggerakkan tubuhnya. Dia bisa menunjuk kata-kata di papan tulis. Dia menunjuk ke 'takut', 'takut', 'frustrasi'," ujar Weymouth seperti dilansir laman Health Day, Rabu (31/5/2023).

CDC menerima 189 laporan infeksi Powassan antara tahun 2012 dan 2021. Sebagian besar kasus virus Powassan di AS terjadi di wilayah Timur Laut dan Great Lakes. Maine memiliki empat kasus pada tahun lalu.

Meskipun kutu adalah arakhnida seperti laba-laba, virusnya tidak jauh berbeda dengan beberapa virus yang vektornya nyamuk, seperti demam berdarah dan Zika. "Selain penularannya melalui kutu, virus Powassan sama sekali tidak membentuk atau membentuk apa pun seperti penyakit Lyme," ujar dr Eugene Shapiro, seorang profesor pediatri dan epidemiologi di Yale School of Medicine.

Saphiro mengatakan, virus Powassan terkait erat dengan sesuatu yang disebut ensefalitis tick-borne, yang merupakan virus yang terutama terlihat di Eropa Timur Tengah dan Eurasia. Virus Powassan sangat memengaruhi hanya sejumlah kecil orang setiap tahun. Tapi mungkin banyak orang lain yang tidak menunjukkan gejala atau memiliki gejala ringan atau mirip flu dan tidak terdiagnosis.

Virus mendapatkan namanya dari penemuannya pada seorang anak laki-laki berusia 5 tahun yang meninggal karena virus tersebut pada akhir 1950-an di Powassan, Ontario, Kanada. "Para ahli menduga penyakit ini ditularkan terutama oleh kutu groundhog, yang biasanya tidak memakan manusia. Sebaliknya, ia kebanyakan memakan sigung, babi tanah, dan tupai," kata Saphiro.

Pada titik tertentu, itu pindah ke kutu rusa, dan itu adalah kutu yang biasa menggigit manusia. Masih banyak misteri yang harus diungkap terkait virus Powassan. Misalnya, meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 5 persen kutu rusa di beberapa daerah di Connecticut positif terkena virus, itu tidak muncul dalam jumlah infeksi manusia Powassan yang tinggi.

"Tetapi kasus meningkat, menurut angka CDC," ujar dr Nicole Baumgarth, ahli imunologi di Johns Hopkins School of Public Health. 

Namun tidak jelas apakah sebenarnya ada lebih banyak orang yang terinfeksi atau apakah dokter lebih sering mengujinya. "Tidak ada pengobatan, selain semacam dukungan umum dari seseorang yang mengidap penyakit tersebut," kata Baumgarth. 

Penyakit paling serius yang terkait dengan Powassan adalah radang otak, atau ensefalitis, tetapi tidak semua orang yang terinfeksi virus ini akan mengembangkan kasus yang sangat parah ini. Menurut Yale Medicine, gejala lain bisa berupa demam, menggigil, kelelahan, ruam pada batang tubuh, kelemahan otot, mual, muntah, pusing dan leher kaku. Namun, sebagian besar dari mereka yang terinfeksi kemungkinan besar tidak memiliki gejala atau gejala ringan dan tidak terdiagnosis.

"Bagi mereka yang memiliki gejala yang cukup parah untuk didiagnosis, biasanya dengan ensefalitis, tingkat kematiannya antara 10 persen dan 30 persen," kata Saphiro.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement