Senin 29 May 2023 06:09 WIB

Ratusan Alumni UMM Bekerja di Jepang

UMM berkomitmen menyiapkan SDM unggul.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Erdy Nasrul
Alumnus Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Ardianeswari Putri Salifani menjalani kontrak kerja selama tiga tahun di Hokkaido, Jepang. Foto: Humas UMM
Foto: Dok Humas UMM
Alumnus Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Ardianeswari Putri Salifani menjalani kontrak kerja selama tiga tahun di Hokkaido, Jepang. Foto: Humas UMM

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Lebih dari 200 alumni Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil bekerja di Jepang. Jumlah ini merupakan hasil kerja sama antara UMM dan PT OS Selnajaya Indonesia sejak 2020.

Rektor UMM, Profesor Fauzan, menjelaskan UMM berkomitmen menyiapkan SDM unggul untuk memenuhi kebutuhan, terutama para dunia usaha dan dunia industri. Salah satu caranya dengan mengandeng perusahaan nasional dan internasional. "Sehingga dapat menjadi wadah pembelajaran sebagai bekal mahasiswa dalam menghadapi dunia profesional," kata Fauzan dalam pesan resmi yang diterima Republika.co.id

Baca Juga

Menurut dia, semua kegiatan itu terwadahi dalam program inovasi UMM, yakni Center of Excellence (CoE). Dengan begitu, para alumni akan lebih mudah untuk terserap di dunia kerja ataupun membuka usaha mandiri sendiri.

Sampai saat ini, kata dia, sudah ada 54 CoE yang bisa diikuti oleh para mahasiswa UMM. Bahkan mereka diperbolehkan ikut CoE yang berbeda dengan jurusan yang ditekuni. Misalnya, mendaftarkan diri pada CoE Unggas, tetapi berasal dari jurusan pendidikan bahasa Inggris.

UMM juga optimistis bisa mendapatkan rekognisi dari UNESCO berkat berbagai terobosan dan kontribusi di berbagai bidang. Hal ini terutama yang berkaitan dengan sustainable development goals. Langkah tersebut tentu membuat jaringan kita lebih luas dan mudah untuk menyiapkan lapangan yang lebih besar lagi untuk alumni.

Sementara itu, Direktur PT OS Selnajaya Indonesia, Satoshi Miyajima mengapresiasi UMM yang sudah berkolaborasi dengan pihaknya, khususnya terkait sumber daya manusia (SDM). Menurut dia, UMM dan perusahaannya telah menjalankan desain lokakarya, yang mampu menciptakan SDM unggul dengan kompetensi internasional. 

PT OS Selnajaya juga telah memberikan kepercayaan penuh kepada UMM untuk menyiapkan angkatan kerja yang sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja di level global. "Termasuk di Negeri Sakura," ucapnya.

Adapun OS Selnajaya merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang sumber daya manusia dengan kemampuan unggul. Perusahaan yang berdiri pada 1995 ini juga menjadi salah satu di antara grup internasional Outsourcing Inc. yang berpusat di Tokyo, Jepang. Seban itu,  hal ini memudahkan SDM Indonesia untuk mendapat pekerjaan di Negeri Sakura.

Lebih lanjut, ia menyampaikan sederet tips yang bisa digunakan wisudawan nantinya. Pertama, yakni selalu memiliki mimpi yang berorientasi pada tujuan yang tinggi. 

Kemudian juga dengan mengalahkan ketakutan akan tantangan dan kegagalan. Hal ini karena seringkali keduanya membuat manusia tidak bisa maju dan berada pada posisi yang stagnan.

“Jangan lupa untuk bekerja keras dan cerdas dilengkapi dengan kesabaran yang tinggi. Kalian harus menghargai waktu dan orang di sekitar. Jika mampu menjalankan semua tips itu, saya yakin kalian akan berhasil,” kata dia menambahkan.

Pria asal Jepang tersebut juga sempat menceritakan pengalamannya saat mahasiswa. Dulu, ia memiliki mimpi untuk menjalankan sebuah bisnis dan mengembangkannya hingga level global. Cita-cita itu ia jaga dan usahakan hingga akhirnya bisa mencapainya saat ini.

Memiliki imajinasi atau mimpi yang tinggi seharusnya bukan hal yang perlu ditakutkan oleh para mahasiswa atau lulusan sarjana. Banyak orang-orang yang sukses berawal dari mimpi yang diupayakan dengan sungguh-sungguh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement