Sabtu 27 May 2023 10:20 WIB

Wacana Duet Airlangga-Zulhas Mencuat, Ini Peluangnya Kata Pengamat

Keduanya saat ini menjabat sebagai menteri bidang ekonomi.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan(dari kiri) berbincang usai menghadiri pertemuan di Amerika Serikat usai pertemuan tingkat menteri APEC, di McNamara Airport, Detroit, AS, Kamis (25/5/2023).
Foto: Dok.Republika
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan(dari kiri) berbincang usai menghadiri pertemuan di Amerika Serikat usai pertemuan tingkat menteri APEC, di McNamara Airport, Detroit, AS, Kamis (25/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peta politik Pilpres 2024 masih bergerak dinamis. Terbaru, muncul wacana Airlangga Hartarto bakal dipasangkan dengan Zulkifli Hasan untuk menjadi capres dan cawapres.

Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno pun menanggapi hal tersebut. Ia menilai duet Airlangga Hartarto dan Zulkifli Hasan merupakan pilihan yang rasional dan menjanjikan.

"Airlangga-Zulhas merupakan pasangan yang sangat realistis dan sudah menggenapi ambang batas presiden 20 persen," kata Adi.

Adi Prayitno mengemukakan hal itu ketika menanggapi pertemuan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Amerika Serikat usai mereka menghadiri pertemuan tingkat menteri APEC.

Keduanya bertemu di tengah munculnya wacana duet Airlangga-Zulkifli Hasan sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden.

"Dua partai pengusung Golkar dan PAN dijamin mendapatkan coattail effect pada pemilu anggota legislatif, terlepas besar kecil coattail effect-nya seperti apa," jelasnya.

Dari sisi kinerja, Airlangga-Zulhas juga dianggap klop dan saling melengkapi. Keduanya saat ini menjabat sebagai menteri bidang ekonomi pada pemerintahan Presiden RI Joko Widodo.

Airlangga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, sementara Zulhas sebagai Menteri Perdagangan. Keduanya bertemu di sela acara pertemuan tingkat menteri APEC di Detroit, Amerika Serikat, Kamis (25/5).

"Kami memang sejak lama bersama-sama, kuat dan yang paling penting punya tiket. Sejak awal di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), komunikasi sangat baik dan guyub," kata Airlangga.

Ditanya soal kemungkinan berpasangan dengan Zulhas pada Pemilu 2024, Airlangga hanya melempar senyuman.

"Saya dan Pak Zul punya hubungan yang sangat baik. Kami sering berkomunikasi, bertukar pikiran, mencari solusi terbaik untuk berbagai persoalan bangsa ini. Di kabinet, saat ini kami sama-sama di bidang ekonomi," kata Airlangga.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Zulhas mengakui ada kecocokan bekerja sama dengan Menko Perekonomian Airlangga.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement