Kamis 25 May 2023 21:19 WIB

PB PRSI Gelar Nika Masters 2023 untuk Gelorakan Olahraga Renang

Kejuaraan ini diikuti peserta mulai usia 18 tahun sampai usia 80 tahun ke atas.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Waketum PB PRSI Harlin E. Rahardjo (tengah) dalam konferensi pers Nika Masters Swimming Championship di Kantor PRSI, Kuningan, Jakarta, Kamis (25/5/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Waketum PB PRSI Harlin E. Rahardjo (tengah) dalam konferensi pers Nika Masters Swimming Championship di Kantor PRSI, Kuningan, Jakarta, Kamis (25/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PB Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) untuk pertama kalinya akan menggelar kejuaraan renang masters yang bertajuk Nika Masters Swimming Championship pada Ahad (28/5/2023). Kejuaraan renang masters adalah renang yang diikuti oleh peserta mulai usia 18 tahun sampai usia lanjut seperti 80 tahun ke atas.

"PB PRSI di bawah kepengurusan Anindya Bakrie sangat aktif mempopulerkan renang master. Diharapkan dengan adanya 1st NIKA Master Swimming di kolam 25 meter ini populasi renang master makin bertambah," kata Waketum PB PRSI Harlin E Rahardjo dalam konferensi pers di Kantor PRSI, Kuningan, Jakarta, Kamis (25/5/2023).

Baca Juga

Sebanyak 150 peserta akan terlibat dalam Nika Masters Swimming 2023. Harlin mengatakan, dari ratusan peserta tersebut di antaranya ada 10 orang peserta yang berusia 80 tahun ke atas dengan rincian 7 laki-laki dan 3 perempuan. Perenang tertua yang akan mengikuti turnamen tersebut adalah Kartini Sapardjiman dan Rahardjo yang sama-sama berusia 83 tahun.

Kejuaraan ini diharapkan dapat menginspirasi berbagai daerah untuk membangun kolam 25 meter agar partisipasi dan prestasi olahraga renang terus meningkat. Selain itu, Harlin mengatakan, keikutsertaan peserta dengan usia lanjut juga bisa memberikan motivasi kepada orang-orang yang jauh lebih muda agar memiliki kesadaran betapa pentingnya olahraga renang.

"Jadi renang master ini kita galakkan karena kita punya tujuan untuk lebih mempopulerkan olahraga renang dan akuatik secara keseluruhan. Karena renang ini adalah mother of sports, jadi harusnya semua orang Indonesia wajib bisa renang, apalagi Indonesia itu kawasannya lebih banyak perairan," kata Harlin.

Selain para perenang senior, para perenang yang masih aktif juga akan terlibat dalam kejuaraan ini, seperti peraih medali emas SEA Games 2023 I Gede Siman Sudartawa. Ada juga pelatih polo air putra, Nikola Milosavlejic. Bahkan Ketua Dewan Pembina PB PRSI Sandiaga Uno yang juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Ketua Umum PB PRSI, Anindya Bakrie, diharapkan bisa turut serta.

"Kita juga undang seluruh peraih medali di ajang SEA Games seperti Siman Sudartawa, Joe Aditya, Erick Ahmad Fathoni, Angel Gabriel Yus, Dwiki Raharjo, dan lainnya," kata Harlin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement