Kamis 25 May 2023 19:41 WIB

Masih Dirawat di RS, Dua Orang Calon Haji Semarang Tertunda Berangkat

Sebanyak 499 calon jamaah haji Kota Semarang diberangkatkan dalam tiga gelombang.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Ani Nursalikah
Calon jamaah haji asal Semarang. Masih Dirawat di RS, Dua Orang Calon Haji Semarang Tertunda Berangkat
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Calon jamaah haji asal Semarang. Masih Dirawat di RS, Dua Orang Calon Haji Semarang Tertunda Berangkat

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Sebanyak dua orang calon jamaah haji di Kota Semarang masih dirawat di rumah sakit. “Dua orang jamaah masih dirawat di rumah sakit, sehingga tidak bisa diberangkatkan hari ini,” kata Kasubbag Tata Usaha Kantor Kemenag Kota Semarang Rachmad Pamudji, Kamis (25/5/2023).

Sedianya jumlah calon haji yang diberangkatkan pada gelombang pertama Kamis dini hari mencapai 125 orang jamaah. Rachmad meminta kepada segenap jamaah untuk ikut mendoakan agar calon jamaah yang sakit diberikan berkah kesembuhan dan segera pulih sehingga dapat diberangkatkan pada kloter selanjutnya.

Baca Juga

Sebanyak 499 calon jamaah haji Kota Semarang mulai diberangkatkan dalam tiga gelombang. Mereka diberangkatkan dari Asrama Haji Transit Islamic Centre Semarang menuju Asrama haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Kamis.

Gelombang pertama calon haji asal kota Semarang musim haji 1444 Hijriyah/2023 diberangkatkan sebanyak 123 orang. Mereka merupakan calon haji yang tergabung dalam kloter 8 yang diberangkatkan pada Kamis dini hari pukul 03.00 WIB.

Gelombang kedua diberangkatkan pada Kamis pukul 10.00 WIB sebanyak 21 orang calon haji. Mereka merupakan calon haji susulan yang akan pemberangkatannya ke tanah suci akan digabung dengan kloter 8.

Sedangkan gelombang ketiga calon haji asal Kota Semarang diberangkatkan menuju Asrama Haji Donohudan pada Kamis sore pukul 16.30 WIB, sebanyak 355 orang jamaah. Mereka merupakan calon haji kloter 9 Embarkasi Solo.

Kepada calon haji yang telah diberangkatkan menuju Asrama Haji Donohudan, Pamuji juga mengimbau agar senantiasa menjaga kondisi kesehatan dengan memanfaatkan waktu istirahat sebaik mungkin.

“Insya Allah, setelah tiba di Asrama Haji Donohudan, akan diberangkatkan menuju Madinah pada pukul 21.15 WIB malam ini,” ujarnya.

Kepala Kantor Kemenag Kota Semarang Ahmad Farid menyampaikan untuk jamaah calon haji asal Kota Semarang yang berangkat pada musim tahun ini total mencapai 1.667 orang jamaah.

Mereka akan diberangkatkan ke tanah suci dalam enam kloter, masing- masing kloter 8, 9, 10, 11, 12, dan kloter 13. Untuk kloter awal (kloter 8) sudah diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan pada Kamis dini hari dan Kamis pagi.

Jamaah kloter 8 ini digabung dengan calon haji asal Kabupaten Demak. “Untuk Kamis sore ini kita iberangkatkan calon haji kloter 9 sebanyak 355 orang jamaah, semuanya asal Kota Semarang,” jelasnya.

Farid juga mengakui, dibandingkan dengan musim haji sebelumnya, tahun ini jamaah calon haji asal Kota Semarang didominasi jamaah lanjut usia (lansia). Karena memang ibadah haji kali ini diprioritaskan bagi lansia.

Untuk itu, gotong-royong dan saling membantu antarsesama jamaahcalon haji sangat dibutuhkan. “Karena pada musim haji kali ini tidak ada pendamping untuk jamaah yang lanjut usia,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement