Rabu 24 May 2023 18:16 WIB

Maudy Ayunda Punya Intoleransi Laktosa, Akhirnya Hanya Bisa Minum Susu Nabati

Maudy Ayunda baru mengetahui dirinya intoleransi laktosa saat sudah dewasa.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Maudy Ayunda. Maudy mengalami intoleransi laktosa. Karena itu, dia tidak bisa mengonsumsi susu atau produk olahan susu biasa. (ilustrasi)
Foto: trinityproduction
Maudy Ayunda. Maudy mengalami intoleransi laktosa. Karena itu, dia tidak bisa mengonsumsi susu atau produk olahan susu biasa. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi sekaligus aktris, Maudy Ayunda, mengatakan memiliki intoleransi laktosa. Ini merupakan gangguan pencernaan akibat tubuh tidak bisa mencerna laktosa yang terkandung dalam susu atau produk olahan susu. Itu sebabnya, sejak lama Maudy tidak pernah mengonsumsi susu.

“Aku baru tahu kalau aku sensitif terhadap laktosa itu pas aku udah gede sih, karena emang dari dulu kalau minum susu tuh perutnya jadi suka enggak nyaman,” kata Maudy saat diwawancarai di kawasan Chillax Sudirman, Jakarta, Kamis (24/5/2023).

Baca Juga

Menurut Maudy, salah satu gejala yang kerap dirasakan setelah minum susu adalah perut kembung dalam waktu yang cukup lama. Tak ayal, hal itu terkadang membuat beberapa aktivitasnya terganggu.

“Yang paling sering aku rasain itu perut rasanya kembung, dan itu enggak enak banget rasanya,” kata Maudy.

Setelah mengetahui bahwa dirinya didiagnosa intoleransi laktosa, akhirnya Maudy beralih mengonsumsi susu nabati seperti halnya susu oat (oat milk). Jenis susu nabati seperti susu oat, susu almond, susu kedelai, susu wijen, dan lainnya memang tidak mengandung laktosa, sehingga aman dikonsumsi oleh mereka yang mengalami intoleransi laktosa.

“Aku sampai sekarang selalu minum dan konsumsi susu oat, karena itu yang aman bagi perut sensitif seperti aku, dan tentunya sehat dan enak juga,” kata Maudy.

Sebagai antisipasi, Maudy bahkan kerap membawa bekal susu oat dari rumah saat sedang berkunjung kafe. Pasalnya menurut dia, masih banyak kafe yang belum menyediakan susu nabati untuk campuran pada menu minumannya.

“Buat jaga-jaga, kalau semisal di kafe itu enggak ada susu oat, ya aku pesan kopinya terus aku campur sama susu oat yang aku bawa,” kata Maudy.

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement