Sabtu 20 May 2023 16:42 WIB

Es Krim Termahal di Dunia, Harganya Rp 100 Juta Seporsi

Gelato Byakuya dinobatkan jadi es krim termahal sedunia versi Guinness World Records.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Gelato Byakuya produksi Cellato yang dinobatkan sebagai es krim termahal di dunia.
Foto: Cellato
Gelato Byakuya produksi Cellato yang dinobatkan sebagai es krim termahal di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda suka menyantap es krim? Tahukah Anda ada es krim yang harganya hingga ratusan juta rupiah?

Dia adalah Gelato Byakuya, yang dibuat oleh merek es krim asal Jepang, Cellato. Es krim tersebut dinobatkan sebagai yang termahal sedunia versi Guinness World Records. Seporsi camilan beku itu dijual seharga 6.696 dolar AS atau setara dengan Rp 100,01 juta.

Baca Juga

Dikutip dari laman Eat This Not That, Sabtu (20/5/2023), gelato itu terbuat dari bahan-bahan mewah yang biasa ada di menu restoran gourmet. Ada truffle putih, parmigiano reggiano, dan bahan tradisional Jepang yang merupakan produk sampingan dari proses produksi sake.

Cellato mendeskripsikan Byakuya sebagai gelato dengan rasa yang kaya dan lembut, dengan aroma yang sensual dan unik. Itu berkat bahan-bahan yang kompleks dan beraroma. Topping-nya yakni truffle putih, keju, dan daun emas yang bisa dimakan.

"Kami membutuhkan waktu lebih dari 1,5 tahun untuk berkembang, dengan banyak percobaan dan kesalahan untuk mendapatkan rasa yang tepat. Mencapai gelar Rekor Dunia Guinness membuat upaya itu sepadan," kata perwakilan Cellato dalam sebuah pernyataan.

Truffle putih phantom menjadi penyebab utama mahalnya harga Byakuya. Cellato mengatakan bahwa truffle putih phantom dari Alba, Italia, itu amat langka. Mereka membeli truffle spesial itu seharga dua juta yen per kilogram, setara dengan Rp 216,51 juta.

Makanan penutup yang mahal itu juga dilengkapi minyak truffle putih untuk dituangkan ke atasnya. Sendok dari es krim yang disajikan terbuat dari logam buatan tangan dengan teknik dan bahan yang sama dengan yang digunakan untuk membangun kuil.

Cellato merekomendasikan untuk mengaduk minyak truffle putih hingga gelato cukup lunak untuk memasukkan sendok, baru menyantapnya. Perusahaan mengatakan dapat mengirimkan produk dalam kondisi beku dan baik ke pelanggan lewat penerbangan.

Meskipun gelato Byakuya sekarang memegang rekor sebagai es krim termahal di dunia, sebuah restoran terkenal di Kota New York, Amerika Serikat, pernah meluncurkan makanan penutup beku dengan harga yang lebih mahal pada awal tahun ini. Es krim merupakan edisi terbatas pada 14 Februari lalu.

Gerai bernama Serendipity3 itu menghadirkan menu es krim bernama Frrrozen Hot Chocolate. Es krim dengan emas dan berlian yang dapat dimakan, sedotan emas, dan cincin emas putih 18 karat bertatahkan berlian tersebut dijual seharga 250 ribu dolar AS (Rp 3,73 miliar).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement