Selasa 16 May 2023 16:14 WIB

Sepenting Ini Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak

Ayah dan ibu harus bekerja sama secara harmonis dalam pengasuhan anak.

Ayah mengajarkan anaknya mengaji. Peran ayah sangat penting dalam membimbing anak agar berkembang menjadi individu yang mandiri.
Foto: Republika/Yogi Ardi
Ayah mengajarkan anaknya mengaji. Peran ayah sangat penting dalam membimbing anak agar berkembang menjadi individu yang mandiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog keluarga Ketti Murtini mengingatkan pentingnya peran ayah dalam pengasuhan. Ia menyebut kehadiran ayah krusial dalam mendukung optimalisasi tumbuh kembang anak.

"Dalam pola asuh anak, yang terpenting tidak hanya peran ibu, tapi juga peran ayah, peran keduanya sangat penting," kata Ketti yang dihubungi dari Jakarta, Selasa (16/5/2023).

Baca Juga

Ketti menjelaskan peran ayah sangat penting dalam mengasuh anak agar memiliki kesiapan untuk menghadapi dinamika kehidupan. Ayah juga besar perannya dalam menyiapkan anak untuk menghadapi dunia luar.

"Ayah yang menjadi panutan anak dalam bersikap dan bertingkah laku di luar rumah," kata psikolog dari Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Jawa Tengah (Jateng) Cabang Barlingmascakeb itu.

Menurut Ketti, ayah juga merupakan sosok yang berperan sangat penting dalam upaya membimbing anak agar berkembang menjadi individu yang mandiri. Dengan adanya bimbingan dari ayah serta adanya dukungan dan penguatan dari ibu, maka anak akan bertumbuh seperti yang diharapkan.

Ketti menyebut ayah dan ibu harus bekerja sama secara harmonis dan penuh cinta untuk mendampingi anak. Dengan begitu, anak dapat tumbuh dan berkembang optimal menjadi individu yang unggul, tangguh, tapi tetap penuh cinta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement