Selasa 16 May 2023 12:15 WIB

Gelar Khotmul Quran, SMPIT Nur Hikmah Jadi Sekolah Model Quran Metode Ummi 2023

Dalam proses seleksi ini terjaring sebanyak 188 siswa.

SMPIT Nur Hikmah,  Bekasi,  menggelar acara  Khotmul Quran dan Imtihan IV  tahun 2022, Sabtu (13/5/2023).
Foto: Dok SMPIT Nur Hikmah
SMPIT Nur Hikmah, Bekasi, menggelar acara Khotmul Quran dan Imtihan IV tahun 2022, Sabtu (13/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- SMPIT Nur Hikmah,  Bekasi,  mengadakan Khotmul Quran dan Imtihan IV tahun 2022, Sabtu (13/5/2023). Kegiatan tersebut dilakukan secara kolosal dan dihadiri oleh seluruh peserta khotmul Quran, orang tua, serta tamu undangan dari berbagai kalangan, mulai dari Dinas Pendidikan Kota Bekasi, pimpinan pondok pesantren, hingga kepala sekolah sekitar Sekolah Nur Hikmah

Kegiatan Khotmul Quran dan Imtihan ini adalah puncak dari rangkaian kegiatan pelajar SMPIT Nur Hikmah dalam bidang Alquran. Kepala SMPIT Nur Hikmah Ustadz Agusriwarman S.E. M.Pd. dalam sambutannya menuturkan, untuk sampai pada proses Khotmul Quran ini, terlebih dahulu para penghafal Quran ini telah melalui berbagai tahapan pengujian mulai dari Pramunaqosyah yang diuji oleh tim internal Nur Hikmah sampai Munaqosyah yang diuji oleh Tim Ummi daerah Bekasi sebanyak tujuh orang.

Baca Juga

“Alhamdulillah dalam proses seleksi ini terjaring sebanyak 188 siswa dengan kategori: tartil 20 siswa, juz 30 sebanyak 59 siswa, juz 29 sebanyak 57 siswa, juz 28 sebanyak 23 siswa, juz 1 sebanyak 35 siswa, juz 2 sebanyak 17 siswa, juz 3 sebanyak 6 siswa, juz 4 sebanyak 15 siswa, juz 5 sebanyak 13 siswa, juz 6 sebanyak 4 siswa, dan juz 7 sebanyak 1 siswa,” kata Ustadz Agusriwarman dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (16/5/2023). 

Ia menambahkan, yang menarik dalam kegiatan Khotmul Quran kali ini ada siswa yang sudah sampai juz 7.  “Itu artinya pelajar ini sudah memiliki hafalan sebanyak 10 juz selama berada di Nur Hikmah (sebelumnya mereka sudah menghafal juz 30, 29, dan 28--Red)," ujar Ustadz Agus, panggilan akrab Ustadz Aguriwarman.

Manajer Penjamin Mutu Ummi Foundation Pusat Surabaya, Ustadz Ahmad Yusuf  MPd  yang kali ini langsung datang dari Surabaya selaku penguji utama dalam Khotmul Quran menuturkan, "Sangat bangga dengan pelaksanaan ini. Jelas kegiatan ini benar-benar memecah kebekuan yang selama ini dibajak habis oleh pandemi. Tapi alhamdulillah SMPIT Nur Hikmah bisa mengadakan secara offline. Ini jelas menjadi value tersendiri. Makanya saya memaksakan datang langsung dari Surabaya hanya untuk agenda Khotmul Quran ini," ujarnya ketika ditanya bagaimana kualitas dari peserta hafalan Quran.

Ia lalu melantunkan pantun: "Banyak taman tapi tak seindah Taman Mini Indonesia Indah, banyak khataman yang kami hadiri, tapi tak seharu yang ada di SMPIT Nur Hikmah." Masyaa Allah.

Salah satu, siswa yang mendapatkan reward peserta terbaik kategori Tahzidz Tafazul Amar menuturkan, “Alhamdulillah, ini sudah kali kedua saya mendapatkan apresiasi terbaik dengan katergori tahfidz. Tentu lebih daripada apresiasi ini, kebeningan hati untuk Alquran ini semoga istiqomah menuntun hari hari saya sebagai pelajar dan seorang hamba Allah.”

Ustadz Agusriwarman menyatakan syukur, SMPIT Nur Hikmah dinobatkan sebagai sekolah model Alquran Metode Ummi 2023. “Tentu Ini adalah sebuah apresiasi yang luar biasa bagi SMPIT Nur Hikmah dalam usianya yang menuju 7 tahun,” kata Ustadz Agusriwarman. 

Piagam penghargaan langsung diserahkan oleh Ustadz Ahmad Yusuf M.Si kepada Ustadz Agusriwarman. “Barakallah, sukses terus buat SMPIT Nur Hikmah,” ujar Ustadz Ahmad Yusuf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement