Sabtu 13 May 2023 15:00 WIB

Dipimpin Yusril, PBB Serahkan Berkas 580 Bakal Caleg ke KPU

PBB menjadi partai kesembilan yang mendaftarkan bakal calegnya ke KPU.

Rep: Zainur Mashir Ramadhan/ Red: Andri Saubani
Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra. PBB hari ini mendaftarkan bakal calegnya ke KPU. (ilustrasi)
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra. PBB hari ini mendaftarkan bakal calegnya ke KPU. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Partai Bulan Bintang (PBB) mulai mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) untuk pemilu 2024 ke KPU, Sabtu (13/5/2023). Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra bersama jajarannya memberikan 580 berkas bakal calon legislatif (caleg) pusat kepada pimpinan KPU.

“Mudah-mudahan dapat diterima dengan baik oleh pak ketua,” kata Yusril saat menemui Ketua KPU Hasyim Asy’ari di Gedung KPU, Sabtu (13/5/2023).

Baca Juga

Sementara itu, di lokasi yang sama Sekjen PBB Afriansyah Noor mengatakan, kedatangan rombongan merupakan bentuk pendampingan terhadap Ketua Umum PBB untuk mendaftarkan ratusan caleg. Dia meyakini, semua pemberkasan dari PBB sudah lengkap. 

“Dan mudah-mudahan kami bisa ikuti kontestan pemilu di 2024 ini,” jelas Afriansyah.

 

Menyambut kedatangan PBB, Hasyim Asy’ari, mengatakan, kehadiran dan pendaftaran PBB menjadi bentuk atau ukuran pemeriksaan ke depannya. Menurut dia, selain dari tim PBB itu sendiri, pihaknya akan tetap berkomunikasi dengan partai apabila berkas yang diserahkan sudah lengkap atau belum.

“Sekiranya ada yang belum, dalam kerangka pendaftaran ini masih ada kesempatan sampai besok, Ahad (14/5) pukul 23.59 WIB,” kata Hasyim.

Selanjutnya, kata dia, setelah tanggal 14 nanti, pihak dia akan melakukan penelitian dan verifikasi lebih jauh. Apabila ada dokumen yang belum benar atau sah, nanti akan disediakan masa perbaikan.

Diketahui, setelah proses pengajuan caleg, nantinya KPU akan mengumumkan daftar calon sementara yang diumumkan 19 Agustus 2023. Untuk pendaftar sendiri, PBB, menjadi partai kesembilan yang mendaftarkan kadernya ke KPU. Sebelum PBB, sudah ada delapan parpol yang mengajukan calon anggota DPR.

Berdasarkan pantauan, rombongan yang akan mendaftarkan berjalan hingga Jalan Imam Bonjol, Jakarta. Ketua Umum PBB, Yusril Ihza Mahendra dan rombongan datang ke KPU sekitar pukul 13.00 WIB dan mendatangi pimpinan KPU pukul 13.30 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement