Jumat 12 May 2023 13:51 WIB

Irman Gusman Kembali Maju Jadi Calon DPD RI

Irman Gusman kembali mendaftar sebagai calon DPD ke KPU Sumbar.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Bilal Ramadhan
Irman Gusman (kedua kanan). Irman Gusman kembali mendaftar sebagai calon DPD ke KPU Sumbar.
Foto: Antara/Novrian Arbi
Irman Gusman (kedua kanan). Irman Gusman kembali mendaftar sebagai calon DPD ke KPU Sumbar.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Mantan ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman kembali ikut kontestasi Pemilu untuk kursi DPD RI. Irman maju sebagai calon senator mewakili Provinsi Sumatra Barat pada Pemilu 2024 nanti.

"Saya maju lagi karena dukungan masyarakat," kata Irman.

Irman hari ini diketahui mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar untuk menyerahkan berkas pendaftaran. Irman yang merupakan ketua DPD RI 2009-2016 ini mengatakan dirinya akan kembali berkontribusi untuk kepentingan Sumbar bila kembali terpilih menjadi anggota DPD.

"Saya hadir kembali di sini melalui perjalanan panjang karena pernah menjadi anggota MPR Utusan Daerah dan jadi salah satu dari yang sedikit ikut melahirkan DPD RI. Dengan demikian, saya tahu persis bagaimana lembaga tersebut. Saya merasa perjuangan belum selesai dan perlu dilanjutkan. Itulah yang membuat mengapa saya memutuskan untuk kembali,” ujar Irman.

Irman Gusman pernah tiga periode duduk di DPD RI. Pada Pemilu 2004, Irman memperoleh suara 348.200 atau 17,59 persen yang mengantarkannya pertama kali ke Senayan sebagai anggota DPD RI.

Pada Pemilu 2009, ia maju lagi dan mendapat 293.070 atau 14,37 persen suara. Pada periode tersebut, Irman mencapai posisi sebagai wakil ketua DPD RI. Pada Pemilu 2014, Irman mendapat 407.443 suara atau 17,88 persen dan mengantarkannya sebagai ketua DPD RI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement