Jumat 12 May 2023 08:00 WIB

Allegri Sebut Juventus Tetap Tenang Lawan Sevilla, Prediksi Leg Kedua Bisa 120 Menit

Juventus menahan Sevilla di kandang lewat gol injury time.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pelatih kepala Juventus Massimiliano Allegri
Foto: EPA-EFE/MICHELE MARAVIGLIA
Pelatih kepala Juventus Massimiliano Allegri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Massimiliano Allegri memberi selamat kepada para pemain Juventus karena tetap tenang di bawah tekanan, mengabaikan kontroversi wasit, dan mencetak gol penyeimbang pada menit-menit terakhir melawan Sevilla di semifinal Liga Europa, JUmat (12/5/2023) dini hari WIB. Ia memperkirakan leg kedua di kandang Sevilla mungkin akan berlangsung selama 120 menit.

Bianconeri tampil suram di sebagian besar pertandingan di Turin, dicemooh oleh para penggemar mereka pada babak pertama dan tertinggal 1-0 dari serangan balik Youssef En-Nesyri. Andai bukan karena kepiawaian Wojciech Szczesny, Juventus bisa kebobolan gol lebih banyak.

Baca Juga

Namun pada menit-menit akhir babak pertama, Federico Gatti berhasil menyamakan kedudukan melalui sundulannya dari jarak dekat. "Hingga gol tersebut, tim saya telah menggerakkan bola dengan baik. Namun ketika kami berhasil menyamakan kedudukan, semuanya tampak terlalu mudah dan kami membuat terlalu banyak kesalahan. Pada serangan balik kami kecolongan karena kami tidak bisa kembali dan meninggalkan celah, juga mempertaruhkan gol kedua dalam situasi yang sama," kata Allegri kepada Sky Sport Italia.

"Para pemain tampil bagus untuk melawan dan mendapatkan hasil imbang yang layak yang membuat semuanya bisa dimainkan di leg kedua," ujar Allegri.

Ketika Juventus kebobolan gol, Leonardo Bonucci terjebak dalam posisi yang sangat maju dan tidak bisa kembali tepat waktu.

"Seharusnya itu adalah umpan yang lebih mudah kepada Kostic daripada Alex Sandro. Kemudian Bonucci berada dalam posisi di mana yang bisa ia lakukan hanyalah melakukan pelanggaran jika ia berada di dekatnya untuk menghentikan pergerakannya sebelum bola benar-benar dimulai," jelasnya.

Paul Pogba memberikan kontribusi yang sangat mengesankan sebagai pemain pengganti. Tidak hanya dengan assist untuk gol tersebut, melainkan juga beberapa umpan dan pergerakan bagus yang tampak seperti Pogba pada masa lalu.

"Ketika pertandingan berada di daerah pertahanan lawan, dia pemain yang luar biasa. Jika ia berada dalam kondisi optimal, tentu saja saya akan memasukkannya ke dalam tim inti di setiap pertandingan. Dia memberikan kontribusi yang sangat penting malam ini," kata Allegri.

Mengetahui bahwa skor imbang dan aturan gol tandang tidak lagi berlaku, Allegri menilai leg kedua akan sangat ketat. 

"Sevilla bertahan dengan sangat baik, sangat agresif dan para penyerang mereka berlari seperti orang gila untuk mendapatkan tekanan tinggi. Kami tahu bahwa kami dapat membuat kerusakan ketika ada ruang yang terbuka dan leg kedua akan berlangsung selama 95 menit, bahkan mungkin 120 menit. Kami ingin mencapai partai final," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement