Kamis 11 May 2023 05:48 WIB

100 Kilometer Jalan Raya di Kabupaten Purwakarta dalam Kondisi Rusak

Sepanjang 73 kilometer jalan di Kabupaten Purwakarta dalam kondisi rusak berat.

Sejumlah kendaraan melintas di jalan rusak (Foto: ilustrasi)
Foto: Republika/Bayu Adji P
Sejumlah kendaraan melintas di jalan rusak (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyebutkan sekitar 100 kilometer jalan raya di daerah tersebut kondisinya rusak. "Sampai saat ini masih ada jalan rusak di Purwakarta. Tapi kami akan berupaya maksimal untuk terus melakukan penanganan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Purwakarta, Ryan Oktavia, di Purwakarta, Rabu (10/5/2023).

Ia mengatakan, hingga kini di Purwakarta terdapat kondisi jalan rusak sepanjang sekitar 100 kilometer dengan rincian jalan sepanjang 36,7 kilometer kondisinya rusak ringan dan jalan rusak berat sekitar 73 kilometer. Pihaknya masih membutuhkan anggaran besar untuk menuntaskan pembangunan infrastruktur yang layak. Di sisi lain, kemampuan APBD masih belum bisa menutupi.

Baca Juga

Menurut Ryan, untuk infrastruktur khususnya jalan, jajarannya terus mengupayakan mantap jalan bisa terealisasi semua, bahkan hingga ke pelosok desa. Ia mengatakan, di Purwakarta panjang jalan dengan status jalan kabupaten mencapai 729 kilometer.

Seiring berjalannya waktu dan karena faktor alam serta lain-lainnya, dari 729 kilometer jalan yang berstatus jalan kabupaten, kini sekitar 85 persen kondisi jalan mantap serta 15 persen dalam kondisi rusak berat dan ringan. Kondisi jalan rusak itu tersebar di beberapa wilayah Purwakarta.

"Kita mempertahankan kemantapan 85 persen. Kemungkinan ada penurunan akibat intensitas curah hujan tinggi beberapa bulan terakhir. Sementara 15 persen jalan rusak sedang dan berat akan diperbaiki secara bertahap," ujar Ryan.

Ia merinci, terdapat jalan dengan kondisi rusak ringan sekitar 36,7 kilometer dan rusak berat sekitar 73 kilometer, sementara panjang jalan mantap sekitar 631 kilometer. "Jalan akan ada peningkatan sekitar 14,7 kilometer. Sedangkan yang diperbaiki sekitar 16,35 kilometer," katanya.

Sementara itu, untuk jalan yang berstatus jalan provinsi yang ada di Purwakarta terdapat 59 kilometer. Sedangkan jalan yang berstatus jalan nasional di wilayah Purwakarta diperkirakan sepanjang 42,9 kilometer.

"Harus kita ketahui bersama bahwa tidak semua ruas jalan di Purwakarta itu perbaikannya dapat dilakukan pemkab, tergantung status jalan itu sendiri," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement