Rabu 10 May 2023 06:15 WIB

Sepinya Perayaan Kemenangan Atas Nazi di Rusia

Parade tahun ini lebih singkat dan jauh lebih sederhana dari biasanya

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Victory day atau parade perayaan kemenangan atas Nazi di Rusia
Foto: AP
Victory day atau parade perayaan kemenangan atas Nazi di Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa (9/5/2023), mengatakan ambisi, kesombongan, dan kekebalan hukum yang tidak terkendali dari Barat mendorong perang yang nyata melawan Rusia. Hal itu dikatakannya dalam parade Hari Kemenangan di Lapangan Merah Moskow.

"Hari ini peradaban sekali lagi berada di titik balik yang menentukan," kata Putin pada peringatan tahunan untuk merayakan kekalahan Nazi Jerman dalam Perang Dunia II. "Perang yang sesungguhnya telah dilancarkan terhadap Tanah Air kita," tambahnya.

Putin telah berulang kali membingkai perang di Ukraina sebagai konflik proksi antara Rusia dengan Barat. Narasi resmi Kremlin tentang perang ini menggambarkan pertempuran eksistensial dengan Barat, yang dalam pandangan Moskow hanya menggunakan Ukraina sebagai alat untuk menghancurkan Rusia.

"Nenek moyang kita yang heroik membuktikan bahwa tidak ada yang lebih kuat, lebih kuat, dan lebih dapat diandalkan daripada persatuan kita. Tak ada yang lebih kuat di dunia ini selain cinta kita pada tanah air," kata Putin.

Ia mengecam para elite, globalis Barat yang menggembar-gemborkan eksklusivitas mereka, mengadu domba, memecah belah masyarakat, dan memprovokasi konflik dan kudeta berdarah, menebar kebencian, dan Russophobia.

Parade tahun ini lebih singkat dan jauh lebih sederhana dari biasanya. Hanya sekitar 8.000 tentara yang berbaris di Lapangan Merah tahun ini - jumlah terendah sejak 2008. Bahkan parade pada tahun 2020, tahun pandemi Covid-19, menampilkan sekitar 13.000 tentara, dan tahun lalu, 11.000 tentara ikut serta.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tidak ada penerbangan jet militer, dan lebih sedikit peralatan yang dipamerkan dalam parade. Acara ini, tidak seperti biasanya, berlangsung kurang dari satu jam.

Rusia juga memberlakukan pengetatan keamanan besar-besaran untuk peringatan tersebut. Pihak berwenang membatasi penggunaan drone dan layanan berbagi tumpangan di Moskow dan bahkan jet ski di kanal-kanal Saint Petersburg.

Media Rusia menghitung ada 24 kota di Rusia yang membatalkan parade militer pada 9 Mei--yang merupakan inti perayaan di seluruh Rusia-- untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir. Para pejabat daerah menyalahkan "masalah keamanan" yang tidak disebutkan secara spesifik atau secara samar-samar merujuk pada "situasi saat ini" atas pembatasan dan pembatalan tersebut.

Prosesi Resimen Abadi, di mana orang-orang turun ke jalan dengan membawa potret kerabat yang meninggal atau bertugas dalam Perang Dunia II - pilar lain dari hari raya - juga telah dibatalkan di beberapa kota. Beberapa orang berspekulasi bahwa alasannya bukan karena alasan keamanan, melainkan karena warga Rusia mungkin membawa potret kerabat mereka yang tewas di Ukraina dalam prosesi tersebut, yang menggambarkan besarnya kerugian Rusia dalam konflik yang berkepanjangan.

Daftar tamu di Lapangan Merah juga tidak terlalu banyak di tengah isolasi diplomatik yang dilakukan Putin selama perang.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement