Selasa 09 May 2023 16:40 WIB

Bukannya Sehat, Rutinitas Olahraga Seperti Ini Justru Merusak Tubuh Sebelum Usia 40

Ada beberapa kebiasaan sehat yang jika dilakukan rutin justru memperburuk tubuh.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Bagian tubuh yang rentan cedera saat berolahraga (ilustrasi). Ada beberapa kebiasaan saat olahraga yang jika rutin dilakukan justru malah bisa memperburuk kondisi tubuh sebelum mencapai usia 40 tahun.
Foto: www.freepik.com.
Bagian tubuh yang rentan cedera saat berolahraga (ilustrasi). Ada beberapa kebiasaan saat olahraga yang jika rutin dilakukan justru malah bisa memperburuk kondisi tubuh sebelum mencapai usia 40 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki tubuh sehat dan bugar menjadi kunci untuk menjalani kehidupan berkualitas. Namun sering kali orang memilih cara keliru dalam pola hidup sehari-hari, sekalipun itu berkaitan dengan olahraga.

Ada beberapa kebiasaan sehat yang jika rutin dilakukan justru malah bisa memperburuk kondisi tubuh sebelum mencapai usia 40 tahun. Bahkan bisa juga berdampak sejak usia remaja dan 20-an jika tidak segera dikendalikan.

Baca Juga

Berikut tujuh kebiasaan olahraga yang sebaiknya dihindari, seperti dikutip dari laman Eat This Not That, Selasa (9/5/2023):

1. Olahraga berlebihan

Jika melakukan olahraga yang menantang dalam dua hari berturut-turut, pastikan untuk beristirahat di antara hari tersebut. Anda masih dapat berolahraga saat pemulihan seperti berjalan ringan, tetapi jangan memaksakan diri. Ini justru dapat menimbulkan potensi cedera serta gangguan lain pada kesehatan seperti penurunan fungsi kekebalan.

2. Bentuk latihan fisik keliru

Sering kali tergoda untuk mengangkat barbel setiap kali pergi ke gym? Ini bisa jadi masalah besar.

Bentuk latihan yang tepat memungkinkan Anda melakukan setiap gerakan dengan aman untuk memaksimalkan manfaat dan meminimalkan risiko. Pertimbangkan untuk menyewa pelatih pribadi jika belum memiliki kemampuan untuk menggunakan teknik latihan yang benar saat berolahraga.

3. Melewatkan pemanasan dan pendinginan

Pemanasan sebelum olahraga dapat membantu kinerja selama olahraga dan memaksimalkan manfaatnya. Sedangkan pendinginan membantu tubuh mengatur ulang dan mulai pulih setelah Anda menyelesaikan latihan. Tambahkan lima menit latihan kardio ringan sebelum berolahraga dan beberapa menit peregangan sesudahnya untuk rutinitas pemanasan/pendinginan yang sederhana dan efektif.

4. Diet ketat

Anda bisa kehilangan nutrisi penting dan juga mengalami masalah metabolisme. Untuk hasil terbaik, ikuti pengurangan kalori sederhana yang dapat dipertahankan dalam jangka panjang untuk penurunan berat badan yang paling sehat dan andal.

5. Membatasi diri dengan satu latihan

Anda mungkin memiliki jenis latihan olahraga favorit. Meskipun sah-sah saja untuk fokus pada satu bentuk latihan, namun tidak perlu mengabaikan rutinitas kebugaran yang menyeluruh.

Misalnya, bagi pelari jarak jauh, pertimbangkan untuk menambahkan satu atau dua sesi latihan ketahanan ke dalam jadwal latihan. Jika cenderung menyukai angkat beban dibandingkan treadmill, Anda bisa coba menambahkan beberapa sesi kardio 20 menit setiap minggu untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal.

6. Mengabaikan rasa sakit

Ketidaknyamanan dan rasa sakit adalah cara tubuh memberi sinyal tentang suatu masalah. Jika merasa sangat lelah, penting untuk beristirahat ekstra dan baik bagi tubuh.

7. Mengabaikan tidur dan pemulihan

Kebiasaan terakhir yang menghancurkan tubuh sebelum usia 40 adalah mengabaikan waktu tidur dan pemulihan. Meskipun tidak semua orang membutuhkan delapan hingga sembilan jam penuh setiap malam, kebanyakan orang membutuhkan setidaknya tujuh jam. Jadi pertimbangkan untuk memberi diri waktu delapan jam untuk tidur. Santi Sopia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement